Comunicate Others

Balik lagi deh hahaha. Buat yang ngebaca fanfic gw dan menunggu lanjutannya. Mohon maaf banget otak gw masih buffering hehe. Fanfic gw bakalan gw pindah ke livejournal aja, tapi berhubung gw belum sempet ngurusin nih account. Gw juga belum eksplor gimana cara gunainnya jadinya belum bakalan gw share linknya haha tunggu aja ya. Will be right back with the next fanfict about Young Saeng~ or maybe about HyunSaeng XDD

Nah sekarang kita lanjut aja ya ke topik bahasan. Dulu waktu masih kecil gw pernah punya masalah dengan yang namanya komunikasi. Komunikasi yang gw maksud di sini adalah kemampuan berbicara dan menyampaikan isi hati ke orang lain. Dulu tuh gw kaya orang gagu banget, kalo ngomong kebanyakan "ng.." sama mikirnya. Iseng aja gw liat buku penghubung gw pas TK, di situ guru gw nulis katanya gw itu kurang banget kemampuan komunikasinya. Yah gw akuin itu bener banget. Sampe SD kebiasaan gagu gw masih gak berubah juga. Banyak yang bilang gw ini jutek. Sebenernya gw bukan jutek sih, cuma yah gw gak ngerti aja apa yang harus gw omongin. Kaya main pingpong aja lo gak bisa ngebalikin bola itu padahal lo sebenernya bisa cuma lo gak tau aja harus bagaimana. Yah gitu deh.

Gw pernah bilang kan? Yang paling penting untuk menumbuhkan keberanian seseorang itu adalah orang yang mau ngedengerin lo apa adanya. Kemampuan komunikasi juga muncul dari hal itu juga. Tentunya kalian lebih seneng dong kalau ngomong sama orang yang nyambung dibanding sama yang gak. Saat kalian merasa ada orang - orang yang memiliki kesamaan dengan kalian maka saat itulah kalian akan mulai berani menyuarakan isi hati kalian. 

Well sebenernya itu semua hanyalah sebuah awal aja. Karena pada kenyataannya kalian pasti gak akan selalu bisa berada di lingkungan yang memiliki kesamaan dengan kalian. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah kalian berani menghadapinya? Takut, pasti takut. Gak masalah kok kalau takut, karena gw juga ngerasa takut. Gw takut dianggap aneh karena berbeda. Takut kalau gak ada yang mau nemenin karena perbedaan itu. Takut, yah inilah perasaan gw setiap mulai tahun ajaran di SMA gw dulu. Entah permainan nasib apa, gw selalu dipisahkan dari temen - temen deket gw. Gw bukan orang yang mudah adaptasi, karena yah kemampuan komunikasi gw rendah. Masuk kelas X gak tau mau main ama siapa, gak ada yang gw kenal. Masuk kelas XI apes lagi gw, karena gw hanya sendirian lagi. 

Gw gak bermaksud ansos, tapi ngeliat kerumunan orang aja rasanya gimana gitu. Hanya aja dalam perjalanan gw merhatiin kalau semakin berbeda kita diantara yang lainnya maka kita akan semakin diingat. Yah, bukan berarti gw ingin selalu diinget sih. Yang gw maksud diinget di sini adalah berkesan. Ketika gw menyadari ini entah kenapa kaya ada yang syuut gitu. Saat lo menyadari siapa lo, apa yang lo sukai, apa yang lo gak suka, saat itulah kita akan lebih mudah mengapresiasikan isi hati kita, lebih mudah berkomunikasi lah intinya.

Pada dasarnya kemampuan berkomunikasi udah ada di setiap orang aja. Cuma terkadang butuh saat yang tepat untuk memunculkan keberanian berkomunikasi itu. Buat gw keberanian itu muncul gitu aja. Yah gak gitu aja juga sih ada momen - momennya kok. Mungkin sejak hari itu kali ya hahaha. Saat momen - momen itu datang semuanya balik lagi ke kita mau lanjut atau mundur lagi. Gw juga sempet mundur lagi kok waktu itu, tapi gw ngerasa gak bisa begitu terus jadi gw mutusin maju. Inget banget gw waktu masuk SR, ditanyain apa tujuan gw masuk SR dan gw jawab aja "ingin belajar berkomunikasi". Dan yah itu emang kenyataannya. Gw emang sulit sih kalau ama orang baru, tapi masa mau temenan sama yang itu itu terus sih? Kta juga harus memperbanyak kenalan kan. Inget kan semakin banyak silaturahmi semakin panjang umur hahaha.

Cara menumbuhkan keberanian komunikasi tuh buat gw kuncinya satu: akuin siapa lo sebenernya. Keberanian akan muncul sendiri saat lo menjadi diri lo apa adanya. Jadilah diri lo apa adanya tapi jangan sampai gak ngeliat sekeliling lo. Bukan berarti munafik, kalo lo gak suka gak masalah, tapi setidaknya lo harus tahu kan apa yang terjadi di sekeliling lo. Jadi diri sendiri tuh bukan berarti ansos loh. Cara mudahnya adalah baca koran hahaha. Itu mah hobi gw  kalo senggang ding. Soalnya dengan baca koran aja lo bisa memulai bahan pembicaraan loh. BIsa juga dengan mendalami apa yang lo sukai itu, kaitkanlah dengan keadaan nyata di sekeliling lo. Gw aja sering ngaitin keadaan sekeliling gw dengan komik yang baru gw baca. Oh iya XXX Holic keren loh, ngomongin soal kehidupan kita *promosi.

Apapun yang terjadi jangan sampai ansos lah. Semua manusia tuh tetep butuh kehidupan sosial mereka. Banyak kok di dunia ini yang punya kesamaan sama kita atau paling tidak yang mau nerima kita. Makanya jangan ansos duluan sebelum mencoba. Maju itu gampang kok asal lo mau mulai dengan satu langkah.

Hoho kelihatannya inspirasi buat bikin fanfic telah datang. Udah dulu ya posting kali ini takut inspirasinya ilang. Jaa ne~~

0 talks: