Sahara Forest Project

Jeng jeng gw balik lagi~~ Kemaren entah kenapa ngantuk pisan euy, jadi balik gw ga sempet ngenet. Tapi ya tidur mah tetep aja malem, entah mengapa. Yah oke lanjut, gw menemukan sesuatu yang menarik di koran Media Indonesia edisi 25 Januari 2010. Judul artikelnya tuh "Sahara Forest Project -Mengubah Padang Pasir Menjadi Oasis Hijau-". Dan gw pikir, wow~~ teknologi emang sudah sepatutnya dibuat untuk hal - hal kaya beginian nih. Woi liat tuh negara lain pengen nyiptain hutan dengan teknologi mereka, kenapa kita, Indonesia malah pengen menebang hutan dengan teknologi kita ya? Aneh deh.

Yah, berharap aja semoga mereka cepet sadar deh. Anyway, jadi teknologi yang digunakan dalam proyek ini ada dua, diantaranya adalah concentrated solar power. Dari namanya aja udah ketauan kalo teknologi ini ngegunain matahari. Wajarlah kan sahara adalah sebuah gurun jadi penggunaan energi matahari bisa dimananfaatkan sebesr - besarnya.

Teknologi ini juga memanfaatkan sumber air dari Laut Merah. Nah dengan adanya matahari dan air ini air dibuat menguap sehingga menciptakan kondisi yang lembab. Tahukan kalau tempat yang dingin dan lembab baik untuk alga? Nah setelah proses penguapan ini diadain lagi tuh penguapan yang kedua. Nah penguapan yang kedua ini bertujuan menciptakan udara yang panas dan lembap. Dari kondisi udara yang seperti ini dapat diciptakan air segar yang dapat ditampung untuk keperluan menggerakkan turbin listrik. Wow~ hebat kan? Bisa dapet hutan sekaligus sumber energi alternatif.



Padahal Indonesia juga bisa loh kalau mau. Iklim kita yang tropis juga menydiakan kelimpahan energi matahari. Ditambah dengan Jakarta yang hobi banget nyumbang karbon. Kalau kita mau bisa aja kita rubah itu semua menjadi hal - hal yang lebih bermanfaat. Yah alat seperti pohon yang bisa memanfaatkan energi matahari dan karbon jadi sumber energi alternatif.

Kalau dibilang Indonesia gak bisa sih, gw mah gak percaya. Ribuan proposal mahasiswa waktu pekan kreatif mahasiswa merupakan buktinya. Dalam teori kita kan udah jago banget masa gak mau ngelangkah jadi praktek sih? Emang gak interest? Kalau pemerintah gak, ya kita - kita aja yang bergerak, apa gunanya jadi mahasiswa coba

0 talks: