Indonesia dan Generasi Muda

Agak sedikit telat postingannya, kali ini menyikapi aksi memperingati hari anti korupsi beberapa waktu yang lalu. Aksi ini dilaksanakan oleh mahasiswa di beberapa titik di Indonesia secara serempak. Saya tidak akan membahas untuk apa aksi ini dilakukan karena jujur saja saya tak tertarik untuk membahasnya. Sebagai peserta aksi yang turun langsung ke lapangan, jujur saya merasa kecewa dengan para peserta. Para peserta yang sebagian besar merupakan maba atau mahasiswa baru, terlihat melakukan aksi hanya untuk bersenang - senang. Padahal seharusnya aksi ini dilakukan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terhadap harapan - harapan pemberantasan korupsi ke depannya.

Hal yang sedikit mengecewakan lainnya adalah kurangnya perhatian peserta terhadapa pimpinan aksi. Dalam sesi istirahat panitia aksi membagi - bagikan air dalam kemasan untuk diminum peserta. Akan tetapi, sangat disayangkan himbauan panitia untuk TIDAK membuang sampah air kemasan tersebut sembarangan tidak diindahkan oleh peserta.Para peserta dengan santainya TETAP membuang sampah sembarangan.

Apa jadinya bangsa ini apabila generasi mudanya tak mau mendengarkan pemimpinnya? Toh perintah itu juga bukan perintah yang merugikan kita, tapi tetap saja tak diindahkan. Padahal seharusnya tanpa perlu diberitahukan harusnya para peserta sadar sendiri untuk menyimpan sampah untuk dibuang di tempat sampah nanti. Apa generasi muda sekarang sudah tidak memiliki kesadaran akan lingkungannya? Menyedihkan.. Kita berkoar - kora global warming, atau apalah itu, tapi generasi muda kita masih senang buang sampah sembarangan. Munafik sekali bukan?

Kita juga tahu pepatah yang mengatakan "Kebersihan adalah sebagian dari iman" jadi apakah ini berarti keimanan generasi muda juga telah melemah? Entahlah juga ya. Padahal yang mengikuti aksi adalah mahasiswa yang notabene memiliki intelektual tinggi. Generasi yang diharapkan memimpin negara ke depannya, tapi sifatnya sungguh mengecewakan. Apakah kita sebagai generasi muda akan terus begini? tidak bukan. Tidak perlu kritik untuk terus maju. Harusnya generasi muda terus bisa mengintrospeksi diri sebelum di kritik. Sudah sewajarnya kita memiliki kesadaran yang tinggi akan moral dan akan kehidupan karena kalu bukan kita siapa lagi.. [KM/MnH]

0 talks: