TPB IPB

Gak kerasa waktu kian beranjak dan akhirnya hampir tiba kita pada pengunjung TPB huhuhu. Sedih? Ya buat gw cukup sedih. Kata orang TPB itu SMA kelas 4 dan well itu bener. Buat gw TPB tuh sama kaya SMA yang make sistem perkuliahan. Hawa di kelas gw gak kaya orang lagi kuliah sih. Masih aja pecicilan kaya SMA dan well gak masalah buat gw. Bikin gw nyaman. Walaupun pecicilan kelas gw tetep intelek dong hahaha. Semoga aja bisa jadi closing yang baik untuk masa muda gw. Agak sedih sih harus pisah kelas dengan yang lainnya. Gw bilang pisah soalnya nanti kita bakal punya kesibukan yang beda, antar departemen di fakultas yang sama aja gak akan sama rutinitasnya. Yahh, intinya kita bakalan kembali ke jalan masing - masing. Good luck aja buat semuanya yaa! Dan buat yang sedepartemen yahhhh kemungkinan kita ketemu lagi kalau sama kelas :)

Itu intro doang sih. Dulu waktu masih SMA habis dapet PMDK gw langsung planga - plongo bingung. Akhirnya gw malah menghabiskan waktu ngenet buat nyari tahu kaya gimana sih TPB itu? Dan kehidupan asrama tuh kaya gimana? Jadi ya gw sharing aja ya. Terutama buat yang non Bogor sih. Yang gw liat di kalangan temen - temen gw, terjadi semacam shock gitu karena kurangnya informasi. Well let's get started

Tingkat Persiapan Bersama (TPB) 
Cara paling gampang menggambarkan TPB adalah SMA kelas 4. Seperti pendeskripsiannya ya kita belajar lagi kaya pelajaran SMA, tapi tentu aja sistemnya pake sitem perkuliahan lah SKS namanya. Karena udah dipaketin langsung dari IPB nya jadi gak usah ambil pusing, kita langkah aja ya. Di TPB kita disatuin dari berbagai jurusan ditumplek di kelas yang sama, jadi seru juga. Sistem TPB ini udah beberapa kali mengalami perubahan. Nah supaya gak bingung gw jelasin seperti apa TPB pas angkatan 47 aja ya. 
Buat mereka yang mengalami matrikulasi, mereka akan belajar salah satu antara matematika atau kimia dalam waktu sebulan. Dalam periode ini akan ada dua kali tes yaitu UTS dan UAS. Untuk matematika akan ada dua kali penugasan yang nantinya berguna untuk membantu nilai. Di lain pihak untuk pelajaran kimia kita akan mendapatkan kuliah biasa dan praktikum. Untuk anak SNMPTN yang tidak mengikuti matrikulasi mereka akan mendapatkan pelajaran yang dimatrikulasikan pada jadwal reguler. Sebagai info aja di IPB hanya mahasiswa yang memiliki nilai mutu D saja yang boleh mengulang sedangkan yang bernilai mutu E DIWAJIBKAN mengulang. Batas DO adalah mahasiswa dengan IP dibawah 1,50. Jadi semangat ya! Gak susah kok asal mau usaha dan optimis :)

Ada pembagian kelas bagi TPB yaitu kelas A dan kelas B. Untuk kelas A pada semster 1 mereka akan belajar kimia, Bahasa Indonesia, Biologi, Agama, dan Ekonomi Umum. Sedangkan kelas B akan mempelajari Fisika, Bahasa Inggris, Olahraga, Kewarganegaraan, dan Sosiologi umum. Selain itu kedua kelas juga akan mempelajari matematika dan pengantar ilmu pengetahuan pada semester satu. Jadwal ini akan diputar pada semester dua, kelas A nantinya akan mempelajari pelajaran kelas B begitu pula sebaliknya. Untuk semester dua ini kedua kelas akan mendapatkan mata kuliah kalkulus.

Di TPB ini ada kegiatan yang bisa dibilang serulah buat ngeramein masa TPB daripada belajar mul hahaha. Ada praktek senam yang bisa bikin kelas seru atau malah mengkotak - kotakan kita. Ya jadi terkotak lah kalau egonya pada tinggi semua, depends sih sebenernya. Terus ada juga TPB cup dan seru loh, kelas gw dapet suporter terbaik hehe. Bisa dipake buat ngeceng (loh?) hahaa. Ada lagi OMI (olimpiade mahasiswa) yang sama cewek malah dijadiin ajang buat ngeceng kakak kelas ganteng hahaha, gw mau joinan ah~ cari anak fahutan, hahaha becanda.

Aniwei, jangan sampe lah masa TPB kalian flat. Serius. TPB tuh masa penyesuaian bukan masa persaingan, apalagi menjatuhkan. Bukan itu lah. TPB ditujukan untuk menyamaratakan kok, jadi harus saling tolong menolong ya. Bantu temennya jangan sampai DO atau keluar dari IPB dengan alasan apapun :)

Ah untuk 48 nih, gw denger akan ada perubahan sistem TPB. SKS kalian bakalan dikurangi. It means kalian akan belajar lebih sedikit daripada jadwal kami. Gw juga denger katanya kalian nantinya juga bakalan belajar sesuai pelajaran yang sesuai dengan jurusan kalian. Well untuk konfirmasinya gw lupa. Sebenernya udah ada seminar soal pemberitahuan ini, tapi gw lupa. Sori ya hhe #bowing.

Asrama TPB IPB
Asrama TPB pernah denger gak? Yah bayangin aja deh asrama biar gampangnya. Mungkin banyak juga diantara kalian yang denger gosip ini itu soal asrama IPB. Well, itu bener emang asrama sering mati air. Apalagi kalau jam 7 tuh pas waktu sibuk mau berangkat kuliah, ah kalau hujan lebat biasanya air juga mati loh. Kadang ada juga info jemuran ilang. Pengalaman gaiblah. Hahaha. Aniwei gak usah takut. Malah seru kok makin ngompakin. 

Asrama TPB dibagi atas asrama putri dan asrama putra. Asrama putri ini terbagi atas 5 asrama dengan asrama A5 alias Silvasari yang terletak cukup jauh dari keempat asrama lainnya. Untuk asrama putra terbagi atas 4 asrama dengan asrama paling baru Silvalestari yang lagi terletak cukup jauh dari ketiga asrama lainnya. Buat anak fahutan yang masuk asrama silvasari dan silvalestari berbanggalah soalnya itu tadinya asramanya anak fahutan hehehe.

Yah, asrama gak seburuk yang lo kira. Buat gw yang gak enak tuh kalau dapet temen sekamar yang gak enak. Yah untungnya semua temen sekamar gw oke - oke aja jadi ya slow. Dibanding adaptasi lingkungan adaptasi psikologi itu lebih sulit. Soalnya kan itu bentukan lingkungan dan gen, kompleks. Aniwei itu semua bisa diatasi kok asal lo mau aja. Haha. 

Udahan dulu ya moodnya lepas nih. See you soon 48!!

1 talks:

Unknown said...

aaaa...thank's atas infonya sunbae.....^_^
aku masuk thun 2011 ini...mungkin namanya angkatan 48 yah??

aku bner2 pnasaran ma khidupan IPB gmna.....share lbih bnyak lagi yh......
gumawo....=)))