Borneo -- Hujan

Malem semua, masih di Borneo. Sebenernya gw gak ada kegiatan, sedih banget juga sih. Karena lagi pada hauling di atas dan jalannya jelek akhirnya kita gak bisa ngapa - ngapain. Selain karena bahaya tetapi juga karena mobilnya pada rusak jadinya kita terkurung di camp selama beberapa hari terakhir ini, sedih. 

Aniwei, anihow tadi kita habis ke lapang praktek IHMB. Akhirnyaaa setelah sekian lama kita ke lapang juga. Panas sih tapi suasana hutan emang paling oke hehe. Apa ya, gak enak sih banyak serangga, kerudung nyangkut ke rotan. Tangan panen duri rotan juga, tapi tetep aja ntah kenapa gw suka suasana hutan. Yah walaupun kalau gw jalan pasti hewan pada lari karena gw berisik kalau jalan hehe. Mungkin alasan gw mulai mencintai Indonesia adalah ketika gw menjelajahi hutannya. 

Pertama kali cuma liat di layar televisi acara petualangan - petualangan gitu sampai akhirnya om ngajak hiking ke kaki gunung salak, dimananya gw lupa yang jelas dua kali sama hiking di sekitaran puncak. Nah sejak itu gw jadi kepengen lebih kenal lagi dengan seperti apa sih wajah asli negara kita. Well, mungkin buat banyak orang wajah Indonesia ya gedung - gedung tinggi di jakarta, tapi buat gw wajah asli Indonesia adalah hutan dan hamparan sawah. Aneh ya? haha. habis kalau liat gedung - gedung tinggi itu entah kenapa gw ngerasa kita lagi berusaha nutupin wajah asli kita dengan topeng. Entahlah, ini perasaan gw aja sih.

Akhirnya masuk SMA gw memutuskan ikut kegiatan sahabat alam, sama aja sih sama pecinta alam tapi kita mungkin lebih seneng nyebut kita sahabat alam. Sialnya, gw malah semakin jatuh hati sama negara ini. Ngeliat hutan - hutan pegunungan sampai hutan pantai. Sejujurnya gw semakin ngeliat betapa uniknya tiap hutan di negara ini. Sampai akhirnya gw memutuskan masuk ke kehutanan. Gak bisa gw pungkiri hutan di negara ini semakin berkurang, tapi gw tetep tertarik jadinya gw masuk ke jurusan ini pas kuliah. Gw gak terlalu nyesel kok, kalau kata orang cari kerja di bidang kehutanan susah, gw rasa gak sih rejeki apalagi kerja udah ada yang ngatur asal niatnya baik, yo insyallah bisa dan ada jalannya hehe.

Dan ngomongin soal hutan gak lengkap rasanya kalau gak pergi ke papua atau kalimantan. well, dengan kondisi fisik baik badan maupun kantong yang kurang mendukung untuk ke papua akhirnya gw memilih buat pergi ke kalimantan. and well here I am. Gabut sih tapi betah. Ada banyak hal yang menurut gw merupakan hal yang baru di sini. Haha.

Kalimantan, tanah ini memang tanah tua dilihat dari wilayahnya yang gak memiliki gunung berapi aktif. Tanahnya juga tanah - tanah yang peka erosi. Agak bahaya nya itu kalau hutannya abis, tanahnya tanah tua ya bisa dibilang udah gak sesubur tanah di jawa. Curah hujan di kalimantan terutama sih di tempat gw gak bisa dibilang rendah juga jadi kalau hutannya gundul gw lebih khawatir sama longsornya sebenernya. Apalagi kalimantan terkenal dengan sungai nya yang besar - besar bisa gawatlah kalau sampai gak ada penahan air di pinggir sungai. Bisa banjir kalau sungai nya lebar begitu. Haha, tapi ini bukan karena gw kehutanan lantas gw bicara semuanya harus hutan loh. Gak lah, yang namanya sumber daya kan ada untuk dimanfaatkan oleh masyarakat kalau gak dimanfaatkan mending masukin aja ke museum pajang noh di museum. Tapi kalau gak dirawat juga sama aja, dikira sumber daya dikedipin langsung muncul. Haha.

Yah, intinya sih ini tanah kita siapa lagi kalau bukan kita yang jaga. Malu karena tanah kita gak punya gedung - gedung tinggi berkilau kilau bak singapura atau hongkong atau new york? Atau kita gak punya transportasi dan jalan - jalan bagus seperti jepang dan eropa? Jangan mikir kayak gitu deh. Haha. Kita dikasih sumber daya alam banyak begini pasti bukan nya tanpa arti, pasti ada kok, pasti cuma buat apa dan bagaimana yang kita belum tau.

Well, hujan di sini di tanah borneo. dan sekali lagi saya kembali jatuh cinta pada suara hujan yang jatuh pada keheningan hutan tanah borneo. :)


0 talks: