Survive!

Time to go back to reality now. Hahaha kelamaan ngomongin soal aa young saeng pasti ada yang panas dan itu bukan kejadian sekali dua kali. Oke sekarang balik lagi ke diri gw yang normal. Tadinya gw mau membicarakan soal betapa pentingnya sebuah komunikasi dan dampak – dampak sosial yang terjadi kalau kita gak bisa baca isyarat non verbal. Aniwei karena gw bikin postingan ini offline jadi gw gak bisa menjabarkan dengan jelas kalau sekarang. Jadi gw tunda untuk next posting aja. 

Sekarang gw pengen berdiskusi soal survival. Menurut kalian apa sih survival itu? Secara harfiah memang survival berasal dari kata survive yang artinya bertahan. Kata survival ini bisa merujuk pada hal apa saja, jadi ya salah besar kalau dikaitkan dengan kemampuan bertahan di alam liar aja. Alasan gw ngebahas soal survival ya simpel aja. Gw suka materi ini dibanding materi mountainering lah, climbing lah, tali temali, bahkan caving. Bagi gw kemampuan survival gak hanya soal pengalaman, gak hanya soal fisik, melainkan sebuah permainan mental. Psikologi jelas bermain di dalamnya. Haha sok tau? Gak juga.

Survival di Indonesia, well gak di semua indonesia sih, tapi di SR merupakan sebuah singkatan, yaitu:
  • Sadari situasi
  • Untung rugi tergantung ketenangan
  • Rasa takut hilangkan
  • Vakum, isilah segera
  • Inget keberadaan awal kita
  • Viva, hidup hargailah
  • Adat istiadat patut ditiru
  • Latihlah dirimu
Biasanya survival di hutan sih berhubungan dengan shelter alias tempat berteduh, makanan, minuman, api, first aid, sama navigasi dan kawan - kawannya. Yah gw gak bagus kalau udah navigasi sih. zzzz.Kalau untuk apa yang bisa dimakan kalau sekedar teori sih gw tau, tapi kalau praktek yaaah gak tau juga tuh hahahaha. Intinya dari makanan yang bisa dimakan adalah hindari daun atau hewan dengan warna mencolok. Biasanya berbahaya. Selain itu hindari juga makan jamur, kecuali kalian bener - bener yakin kalau itu bener bisa dimakan. Jamur jenisnya banyak jadi bahaya aja kalau keracunan. Kakak kelas gw bilang kalau buntut monyet itu enak dimakan, tau kan itu yang pakis tea. Anehnya gw heran itu enak di sebelah mananya. Gw gak pernah nyobain gak ngerti cara masaknya sih. 

Oh iya ngomongin soal cara masak ada juga loh makanan yang bisa dimakan tergantung cara masaknya. Misalnya itu daun talas ya kalau gak salah. Dia harus di diemin di air ngalir dulu selama berapa jam gw lupa euy. Makanya kalau mau makan jangan lupa pake garemnya. Garem kan penetral salah satu survival kit, soalnya dia termasuk penetral racun.

Waktu di awal post gw pernah bilang kalau psikologi bermain di sini. Gw bilang gitu karena dalam survival kita dituntut untuk tenang dalam menilai situasi. Memang melatih ketenangan bukanlah sebuah hal mudah. Akan tetapi, itu bisa diusahakan asal kalian punya ketahanan mental yang baik. Dan gw rasa ketahanan mental mutlak diperlukan oleh semua. Apalagi di zaman yang penuh persaingan kaya gini. Yah intinya jangan jadi anak manja deh. gak selamanya juga kita hidup bergantung sama orang lain. Yang namanya orang itu pasti bakalan datang dan tentu aja bakalan pergi juga. Nah kalau orang itu udah pergi kalian mau ngapain coba? Mau nangis, atau mau menyerah kalah sama hidup. well that's up to you. You have your own choice.

Cerita deh gw, sebenernya gw pernah kayanya bikin postingan soal cerita Joe Simpson yang selamat dari gunung Siula Grande, tapi gw lupa dikasih judul apa hehe. Well cerita yang lain aja ya.
 
Lauren Elder adalah seorang artis sekaligus designer dari Amerika. Dia adalah satu - satunya korban selamat dari sebuah kecelakaan pesawat di gunung Siera Nevada. Dia terdampar di puncak dengan ketinggian 12.000 kaki dengan satu lengan patah. Dia dapat melihat owens valley di bawahnya, tapi ia terpisah oleh alam liar dan tebing es yang curam. Dengan hanya mengenakan rok panjang, kemeja, dan sepatu bot berhak setinggi 2 inchi dia merangkak. Dia berusaha menjaga keseimbangan dengan meninju lempengan es dengan tangan dan kakinya. Dan ya dia berhasi menuruni bukit itu dan menuju ke perkampungan warga. Tentu saja perjalanan itu tidak mudah karena dia memang tidak terlatih untuk itu. Untuk selamat dia memakan waktu 36 jam menuruni bukit yang bisa dibilang dingin tanpa peralatan yang memadai. bahkan ia sempat mengalami halusinasi karena shock yang ia dapat. 


Buat gw materi survival adalah materi yang paling banyak menyimpan misteri. Karena gak semua hal bisa kita ketahui. Hutan di Indonesia luas men. Kaya banget. Yah kalau habis gara – gara eksploitasi yang gak di kontrol ya lain ceritanya. Survival juga bukan masalah mencari makan dan minum, melainkan pembacaan cuaca. Herannya gw udah usaha belajar bentuk awan, tapi gak bisa – bisa. Aniwei itulah keunikan cuaca di Indonesia. Puisinya Susan Police Schutz “Notice the patern of the cloud” yah kita memang perlu merhatiin pola awan karena mereka tak terduga.

Cerita deh. Tahun 2010 kemaren gw mudik ke makassar dan gw sukses tersesat di jalan. Ceritanya gw dan keluarga besar gw di makassar berniat bakar – bakar ikan. Biasalah kota pesisir ikan murah banget. Akhirnya gw dan om gw pun pergi ke pasar ikan di pinggir pantai losari sambil naik motor. Om gw kerja di irian jadi tau banyak soal cartensz jadi ya gw tanya – tanya aja sambil jalan. Di tengah jalan om gw berhenti, gw kira mau mampir dan gw pun turun. Hupla ternyata om gw Cuma mau bales sms. Gw nunggu aja sampai beres, eh om gw gak sadar gw turun malah ngidupin motor dan langsung jalan. Gw yang lari gak bisa ngejar, karena gw kalo lari kaya kura – kura. Oke fine gw ketinggalan entah dimana tanpa hp dan tanpa dompet. Ekstrimnya gw gak tau tuh alamat rumah nenek gw. Pasrah gw jalan aja nyusurin jalan yang gw pastikan dilewatin sama om gw. Sampai di pertigaan gw bingung, ke kiri atau ke kanan. Feeling gw ke kiri sih soalnya bau laut dari arah sana, tapi gw inget kalo ragu mending diem aja. Gw nunggu di pertigaan sambil mikir gimana kalau seandainya kemungkinan terburuk. Gw inget apa aja yang udah gw lewatin sepanjang jalan ke sana. Trus gw keingetan markas TNI AL di ujung jalan ini. Gw mikir apa gw lapor aja ya, toh om gw TNI AL dan pernah kerja di sana. Gw inget rumah nenek gw di deket PLTU. Gw inget deket rumah gw ada markas TNI AD. Gw inget rumah nenek gw deket makam pahlawan. Gw inget di sebrang rumah nenek gw ada masjid di pinggir jalan namanya masjid ridha. Gw inget – inget semua. Sambil diem aja. Gak, gw gak cengengesan, panas men soalnya. Gw sempet sih cengengesan karena gw pikir konyol aja gitu gw tersesat gak jelas di kota orang. Eh pas cengengesan ada orang ngeliatin, ya gw langsung diem daripada dikira gila. Akhirnya setelah satu jam setengah menunggu, om gw dateng persis dari arah yang gw duga, dari kiri. Panik. Sedangkan gw cengengesan sambil ngomong ,”kok lama om”.

Yak gitu deh. Gak penting juga ya cerita gw. Entahlah setelah liat gunung gw ngerasa lebih bersyukur nyasar di kota. Gw jadi berani aja gitu kalau jalan di kota orang dengan modal petunjuk jalan. Makanya gw suka sebel sama adek gw yang nyasar malah ngerusuhin orang, bukannya nanya dah. Hahaha pokoknya gitu lah. Survival bukan masalah di alam liar aja, di kota juga bisa. Survive dalam hidup juga bisa. Untuk bisa survive tergantung dari mana kita memandang hidup dan memaknainya. Tenang dan berpikir positif itu kuncinya. Lagian berburuk sangkan bikin cepet tua doang. Well walaupun begitu berpikir negatif juga perlu kok buat antisipasi supaya gak dikibulin. Yah ini harus gw pelajari karena gw sering banget dikibulin oleh oknum – oknum iseng.

Yahaha udahan dulu deh, gw mau bales puisi temen gw dulu soalnya. Dadah. Well, get survive in your live!

0 talks: