Empat Tipe Kepribadian

"Nikmatin aja toh ini hidup, dan memang beginilah hidup. Kalau keseringan ngeluh kebahagiaan bakalan cepet ilang."

Dulu gw pernah sekali bahas soal salah satu dari dua tipe kepribadian, yaitu introvert dengan judul post Si Diam yang Mengamati Anda. Nah sekarang gw mau bahas lagi soal 4 tpe kepribadian, yaitu plegmatis, sanguinis, koleris, dan melankolis. Walaupun memang keempat tipe ini gak sepenuhnya bisa ngegambarin kepribadian manusia yang begitu kompleksnya. Seengaknya lumayanlah buat belajar ngertiin orang lain. Biasanya seseorang memiliki gabungan antara tipe - tipe kepribadian di atas. Nah sebgai intro gw kasih deskripsi singkat soal keempat tipe ini.

Koleris
Buat gw koleris ini adalah tipe pemimpin yang berani. Si koleris ini pandai mengatur orang karena dia memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, tapi paling ogah buat diatur - atur. Inget lagu I did it My way, nah itu merupakan salah satu sifat koleris. Sifatnya yang cekatan membuat dia mampu menyelesaikan maslaah dengan caranya sendiri meskipun ada birokrasi yang di tempuh dia akan tetap mengerjakan dengan caranya sendiri. Buruknya dia sering menympan emosi - emosi negatif bahkan tak jarang menyimpan dendam. Setidaknya tipe koleris ini tetap merupakan pemimpin yang cekatan dan terampil, serta memiliki loyalitas tinggi. 

Gw punya beberapa temen yang koleris kuat banget sampai pengen jitak. Saran gw jangan pernah berdebat dengan mereka. Mereka lumayan menyenangkan untuk menjadi teman diskusi, tapi satu hal yang perlu diingat adalah jangan membantah mereka. Bisa terjadi perdebatan sengit tuh. Bagi mereka yang paling penting "gw yang menang" bukan maslah benar. Jadilah senetral mungkin dengan mereka. Jadilah pendengar yang baik supaya mereka merasa diharagai.

Sanguinis
Si sanguinis adalah tipe ramah yang periang. Apabila di tengah keramaian kalian ngeliat ada orang yang eksentrik sendiri entah itu dari gaya bicara maupun penampilan bisa jadi dia adalah seorang sanguinis. Sifatnya yang suka having fun ini membuat dia kadang suka nunda - nunda pekerjaan. Hidupnya bagaikan anai - anai yang melayang kemanapun dia senang. Hahaha. Akibatnya dia menjadi tepe egois yang pembosan, tapi dibalik kekurangannya itu justru menjadikan ia seorang yang easy going. Berteman sama si sanguin ini juga kudu sabar soalnya dia itu pelupa jadi jangan harap dia bakalan inget sama janjinya.

Untuk menarik perhatian si sanguinis dan berteman baik dengannya kita harus belajar untuk mendengarkan. Berikan pujian atas apa yang dia lakukan, serta simak dengan baik apa yang dia katakan. Mereka juga terkadang mendapat kesenangan dari mempermalukan orang lain jadi harus sabara aja ngadepin tipe satu ini.

Melankolis
Dia bisa aja disebut sebagai si perfeksionis. Kalau dia dikasih suatu tugas pasti dia bakalan ngerjain itu dengan setepat dan sesempurna mungkin. Euuum kayanya gw tau deh ini tipenya siapa.  Orang bertipe seperti ini mudah sekali terbawa emosi. Kerap kali ia juga mudah terharu. Hidupnya yang teratur terkadang terlihat dari cara berpakaiannya yang selalu rapi. Ia juga gampang sekali terluka hatinya dan sering membawa emosi negatif dalam pikirannya. Akan tetapi, ia ada lah tipe yang serius pada tujuan, berfilsafat dan puitis, bijaksana, serta setia. Sifatnya yang sensitif bahkan membuat dia sangat menghargai keindahan. 

Karena sifatnya yang begitu melankolis bahkan tak jarang pesimis, tipe ini akan senang kalau diberikan sebuah pujian dan motivasi. Pujilah mereka dengan tulus dan buat mereka bersemangat dan yakin dengan tujuan mereka. Tipe yang seperti ini memang terkadang membutuhkan dukungan dan perhatian lebih untuk maju.

Plegmatis
Tipe paling menonjol dalam keperibadian gw, plegmatis. Tipe satu ini merupakan tipe manusia yang menyenangkan bagi orang lain. Mereka jarang marah dan memiliki senyum yang tulus serta sangat meyukai perdamaian (ahihiy asiklaaah!). Jeleknya dia tidak memiliki ambisi karena menolak untuk tampil menonjol diantara yang lainnya. Kalau dalam kerumunan kalian ngeliat orang yang cuma diem aja ngedengerin maka dialah si plegmatis. Akan tetapi, dia cukup baik dalam pergaulannya karena dia mampu mendengarkan orang lain dengan baik. Sikapnya yang netral tak jarang mebuatnya cocok menjadi penengah. Walaupun diam dan terkesan tidak antusias terhadap hal - hal disekeliling, ia sebenarnya senang sekali mengawasi hal - hal disekelilingnya terutama hal - hal yang menarik minatnya.

Sifatnya yang super pasif membuat plegmatis lebih sering dipimpin. Mereka juga tipe yang enggan diberikan tanggung jawab sehingga mereka akan senang jika ada orang lain yang mampu memimpin dirinya. Mereka juga tidak suka didesak - desak kalau sudah waktunya mereka pasti akan melakukannya. Sifatnya yang senang mendengarkan orang lain membuat dia senang jika ada orang yang curhat kepadanya. Hanya dengan itu si plegmatis akan merasa nyaman berada di dekat orang tersebut.


Nah itu dia penjabaran dari keempat tipe. Pada dasarnya manusia akan memiliki lebih dari satu tipe dari keempat tipe di atas. Gw sih cuma tahu kalau gw tipe plegmatis itu yang paling menonjol dari sifat gw dari keempat tipe di atas. Akan tetapi kelihatannya gw juga punya sanguinis dalam hal hidup yang suka bersenang - senang, terus melankolis dalam hal kepekaan perasaan. Haha itu sih analisa gw. Analisis aja sendiri kalian ada di tipe apa.

Aniwei apapun hasilnya, apapun kepribadian kalian nikmatin aja. Gak ada yangs alah dengan hal itu. Tapi tetep inget harus introspeksi diri. Memiliki kepribadian yang berbeda gak aneh kok, malah itu yang bikin manusia unik kan? Kalau gak gitu hidup bisa - bisa flat, negbosenin. Kalau gara-gara itu kalian jadi berantem, ya udahlah berarti emang udah waktunya berantem. Selanjutnya tinggal gimana kita introspeksi dan belajar dari itu kan. Nikmatin aja toh ini hidup, dan memang beginilah hidup. Kalau keseringan ngeluh kebahagiaan bakalan cepet ilang. Haha ya udahlah sampai ketemu di postingan lainnya~

0 talks: