Rokok dan Rokok

Happy earth day guys! Haha berhubung sekarang earth day rasanya gak seru dah kalau gak ngebahas sesuatu yang berhubungan dengan bumi kita tercinta ini. Yang jadi masalahnya apa? Apa - apa dong? Bingung juga belum ada bacaan yang menggelitik gw sih. Eh tapi tadi gw kan nyari kacamata ya -dan min mata kiri gw ternyata nambah zzzzz- pas diangkot gw ngeliat tuh stiker soal DILARANG MEROKOK. Banyak kan tuh diangkot ditempel stiker begituan sekarang. Nah yang bikin gw jengkel ternyata pelanggarnya adalah si bang sopir angkotnya. Memangnya dia pikir karena duduk di depan jadi gak masalah kali ye?? Kagak tau apa kalo yang namanya udara itu menyebar khhhh. Masa iya gw perlu teriak, "bang matiin tuh rokok gak baca ya peraturan di stiker". Gw tuntut seratus ribu dapet tuh! Zzzz banget dah.

Awal ditempel stiker semua nurut seinget gw. Gak ada lagi yang ngerokok sebrutal dulu. Dulu mah udah kaya lokomotif tuh asep hisssh sebel banget gw ngingetnya. Mana engap tea kan di angkot. Temen gw si Icha pernah bilang kalau perokok adalah orang paling egois. Oke gw setuju ama si Icha. Temen - temen yang deket sama gw banyak sih yang ngerokok dan gw gak mau ribut soalnya kita masing - masing punya privasi. Toh mereka kalo ngerokok gak brutal alias masih sadar tempat. Walaupun yah gw harap akan tiba saatnya dunia bisa terlepas dari rokok. Gak suka aja sama asep rokok. Asap yang gak sisa aja beracun apalagi sisanya. Padahal ngerokok itu kan suatu pilihan, tapi yang gw heran kenapa mereka memilih untuk menjadi perokok padahal udah jelas ngerokok itu bawa susah. 

Dari dulu gw ada satu pendapat dan gak tau kenapa gak bisa gw rubah. Mungkin fakta bahwa kakek gw nyaris "ilang" gara - gara rokok jadi penyebabnya juga. Gw bisa loyal ke temen gw, terserah kalau mereka mau minta dijajanin atau apa, tapi gw gak akan pernah ngasih duit gw buat rokok. Ngapain gw ngasih duit gw cuma buat dibakar, cuma buat ngotor - ngotorin udara, dan lebih parah ngapain gw ngasih duit buat ngeracunin temen gw sendiri. Gak gw gak sejahat itu men, gw masih sayang ama kalian ko. Iya gw egois, gw tau kalian asem, tapi gw gak peduli untuk kali ini aja maaf bro.

Adaloh Perda nya di Bogor soal larangan merokok di kawasan umum. Heran aja gw kenapa manusia itu kontra mulu sih ama peraturan. Kalau baik ikutin aja napa. Jangan egois sendiri lah hidup kan bukan buat kita doang kali. Perda yang ngatur soal KTR (kawasan Tanpa Rokok) ini adalah Perda no. 12 tahun 2009. Menurut Perda ini Kawasan Tanpa Rokok adalah tempat atau ruangan yang dinyatakan dilarang untuk merokok, memproduksi, menjual, mengiklankan, dan/atau mempromosikan rokok. Nah loh trus gimana tuh para penjual asongan yang jelas - jelas jualan rokok di tengah jalan dan di tempat - tempat umum. Anehnya adalah polisi tau itu, tapi gak berbuat apa - apa, aneh. Dan mirisnya kalau dilarang pasti ada gelombang protes yang bilang pemerintah berusaha mengekang penghasilan mereka. Ahhh pusing banget dah negara ini. Karena terlalu majemuk jadi ribet banget dah.

Dari peraturan ini juga ditetapkan denda maksimal Rp 100.000 untuk perorangan, Rp 1.000.000 untuk lembaga, dan Rp 5.000.000 untuk badan. Diliat dari peraturannya mah udah oke banget ya. Hanya lagi - lagi penegakan hukum di lapangan masih kurang. Kalau pun ada gak berlangsung lama. Turut berduka terhadap penegakan hukum di negara kita ini. Well biar kita bisa jadi warga negara yang gak bego - bego amat dan gak dikibulin ama orang gw sertakan link soal Perda di atas. Sudah saatnya kita melek hukum. Baca undang - undang dan peraturan yang dibuat pemerintah. Kita bantu mewujudkan negara kita menjadi negara yang mensejahtrakan rakyatnya. Oh iya klik sini untuk ngeakses perda di atas.

Haha dadah, waktunya menggarap sosum sekarang

0 talks: