Rekayasa oh rekayasa

Ehehe gw kaget siah udah lama ga posting, tau – taunya ada design template baru, akhirnya ada juga yang bagus hahaha, telat banget ya gw. Akhirnya setelah bingung karena bagus – bagus gw putuskan buat milih gambar daun momiji ini deh. Bukan karena warnanya yang oren tapi karena gw pengen deh liat daun momiji ini di Jepang pas musim gugur, kapan ya mimpi gw kesampaian hahaha. Yup, untuk mewujudkannya satu – satunya cara adalah belajar! Tapi ntar dulu ya belajarnya, kita bikin postingan dulu nanti baru deh belajar kimia buat matrikulasi, walopun ga kepengen TT^TT..

Materi yang gw mau bahas sekarang ada dua karena dua – duanya serius gw buat jadi dua posting aja. Yang pertama tuh yang paling ganggu pikiran gw saat ini, yang saat ini para ilmuwan berlomba – lomba buat nemuin penemuan baru tentang objek ini. Inget kan kata – kata Yuuko di postingan sebelumnya..

Raijuu : "Manusia membuat hal - hal yang buruk, kenapa mereka mebuat barang - barang yang menyusahkan mereka sendiri?"

Yuuko : "Mungkin karena mereka tidak tahu apa yang bisa memuaskan.. Atau yang menyakiti hatinya sendiri"

this dialogue was taken from XXX Holic vol 8

Mungkin buat gw yang notabene baru mau masuk kuliah ini masih belum layak kali ya buat ngomenin soal ini, tapi tetep aja sebagai generasi muda (ahahai bahasanya) gw juga punya pendapat tentang masalah ini. Tapi ya karena keterbatasan ilmu dan informasi jadi harap maklum aja ya kalo ada salah kata..

Kita tau kan, tubuh kita tersusun dari bermiliyar gen. Tapi ga semua dari gen – gen itu udah diketahuin fungsinya ama manusia. Tapi sebagai manusia seperti biasa muncul deh pertanyaan – pertanyaan aneh yang asalnya dari imajinasi (inget pelajaran filsafat? Tanyakan kenapa, apa dan bagaimana) hal inilah yang bikin manusia nyari tahu, bikin penelitian ampe banyak dana habis untuk itu. Rekayasa genetika ini ngasih harapan banyak untuk kehidupan manusia, contohnya tranplantasi organ yang ngasih secercah harapan hidup bagi orang – orang yang organnya udah rusak, ga Cuma itu ditengah – tengah climate change ini bahkan keberadaan rekayasa genetik tuh bener – bener diperlukan, ko bisa? Ya bisa dong! Kita semua berperang dengan waktu, untuk itu kita harus bisa nemuin tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat dengan daya tahan yang cukup kuat dengan iklim sekarang, banyak kan sekarang pohon yang udah ditanam pas reboisasi ga tahan lama, mati karena iklim yang ga sesuai. Sejak keberhasilan domba dolly yang bisa dibilang bertahan hidup cukup lama, jelas aja bikin banyak ilmuwan bersemangat buat nemuin yang lainnya. Itu wajar, namanya juga manusia ga akan pernah puas.

Awalnya manusia berlomba – lomba untuk menyembuhkan penyakit tentu aja dengan menggunakan hewan sebagai bahan percobaan. Kemudian mereka berpikir gimana caranya supaya bisa menghasilkan makanan bermutu bagus, tahan hama jadi mereka ga perlu repot dan ga keluar biaya banyak. Rekayasa genetika lah jawabannya, dengan rekayasa genetika kita bisa aja nyiptain suatu spesies yang sempurna dan sesuai dengan yang kita inginkan. Sadar atau tidak barang – barang hasil rekayasa genetika ini sudah tersebar disekeliling kita. Jujur aja gw juga ga terlalu ngeh sampai ada diskusi kelompok soal ini di sekolah, dari situ guru gw bilang ga semua hasil rekayasa genetika berhasil, okelah mungkin dari luar keliatan berhasil tapi bagaimana dengan keadaan gen dari benda itu? Apakah cukup stabil. Setelah sekian lama beredar ternyata barang – barang hasil rekayasa genetik ga sepenuhnya sukses, hasil gennya gak stabil jadi kalo kta konsumsi malah bisa bikin efek samping ke tubuh kita itu kata guru gw loh. Makanya kan sekarang marak banget penjualan bahan – bahan organik di toko – toko, tentu aja dengan harga mahal, mau gimana lagi bahan – bahan non rekayasa genetik ngebutuhin perhatian ekstra, selain ga anti hama, dan daya tahannya ga sekuat yang gunain rekayasa jadi butuh perhatian ekstra, belum yang ga berhasil tumbuh kan ngebuat petani rugi tuh.

Sampai sekarang teknik kloning pada manusia masih dilarang karena dianggap bertentangan dengan agama, selain itu menjadikan manusia sebagai percobaan benar – benar tidak berprikemanusiaan. Tapi bukannya terhadap tumbuhan dan hewan juga sama? ”Manusia memang makhluk teraneh” Yuuko ichihara pernah ngomong begitu, gw setuju tuh. Karena tubuhan dan hewan adalah makhluk yang lebih lemah mereka harus berkorban untuk manusia. Yah.. mau bagaimana lagi ini untuk ilmu pengetahuan (alasan yang nyebelin -_-). Tapi sampai larangan ini bertahan? Inget copernicus? Inget Galileo? Mereka mengatakan bumi memutari matahari, padahal saat itu yang lainnya mengatakan kalau mataharilah yang memutari bumi, bahkan mereka dianggap sesat menentang Tuhan dsb. Copernicus dibunuh (istilah kasarnya) sedang Galileo terasing, tapi liat sekarang tidakkah mereka dianggap pahlawan?

Mungkin emang bener kasus untuk mereka beda, mereka benar, tapi dunia sekarang sudah terbalik apa saja bisa benar dan apa saja bisa salah juga. Tapi gw pengen tetep optimis sampai kapanpun kloning terhadap manusia ini tetap dilarang. Yah sebenernya walaupun dilarang juga manusia pasti tetep bakalan nyari tau, bisa aja kan ada yang buat penelitian diam – diam, tapi kita manusia dan ada hal – hal yang ga bisa dilakukan manusia. Ga semua pengetahuan harus digali lebih dalam lagi, apa gunanya seandainya membawa pengaruh buruk. Mungkin aja dengan teknologi itu kita bisa memperpanjang hidup, ato bahkan menghidupkan lagi seseorang (kaya di film apa gitu judulnya gw lupa, mungkin aja kan? Bahkan pelukis kenamaan Leonardo Da Vinci dengan imajinasinya berhasil bikin design pesawat padahal ga ada yang pernah punya

pemikiran kaya gitu pas zamannya). Entah kenapa gw pikir ilmu tentang gen itu bener – bener bermuka dua di satu sisi menguntungkan di lain sisi bisa menghancurkan. Dengan pengetahuan ,mengenai gen bukannya gak mungkin bisa ngebuat benda – benda pembaca pikiran, membuat manusia pekerja yang gak kenal lelah seperti robot, apa aja keliatan mungkin. Tapi apa lantas kehidupan akan jadi lebih baik? Terkadang ada saja hal yang membawa kebahagiaan walaupun kelihatan sulit dan tidak menyenangkan pada awalnya. Misalnya, bagaimana perasaan lo setelah seharian sekolah, trus di sekolah tadi ada pelajaran olahraga dan lo diharuskan lari 6 keliling lapangan buat ambil nilai, udah tes lari ada ulangan fisika essai 10 nomor dan susah – susah lagi soalnya, udah gitu pas pulang panas eh taunya angkot mogok jadi lo harus jalan ke rumah di tengah sinar terik, pulang – pulang ke rumah karena capek dan pusing karena panas dan segala aktivitas lo seharian lo langsung tidur.. sekarang gw tanya apa bedanya tidur lo yang sekarang dibanding rasanya tidur pas liburan pas kita ga ngelakuin apa – apa? Nikmatan yang mana?

Hidup emang butuh kerja keras, tapi bukankah hidup yang seperti itu yang ngebuat hidup bermakna? Lahir, kemudian ngejalanin hari – hari mulai bayi, kemudian masuk ke jenjang TK bertemu komunitas untuk pertama kalinya, SD belajar berorganisasi, SMP ngerasain perasaan seperti suka sama seseorang, ngerasain susahnya belajar, dan nyari identitas sendiri, SMA ngarsain hal – hal aneh nyobain hal – hal baru bareng temen dan lebih berusaha untuk bertanggung jawab, menentukan masa depan dengan memilih perguruan tinggi untuk bekal kerja nanti. Walaupun emang ga semuanya seneng, kadang kehilangan seseorang tapi itulah hidup, dimana semua tidaklah sempurna tapi justru karena ga sempurna itulah hidup jadi berwarna. Datte kore ga jinsei deshou?

0 talks: