NEET !!

Emang yang paling menarik tuh ngebahas soal masalah sosial dan masalah – masalah yang ditimbulin manusia. Manusia emang aneh ya? Hahaha tapi tenang aja gw ga akan bahas soal A.L.C ko, ngapain wasting time ah! Gw rasa kita semua cukup tau ko soal itu, kita semua bisa nilai kan? Jadi apa dong yang mau dibahas? Mungkin buat banyak orang tema ini ga umum kali ya, tapi buat temen – temen gw di kelas X, mungkin ada yang tau soalnya gw pernah ngajuin ini buat pelajaran geografi tentang masalah sosial dibahas dengan ngegunain konsep 5w+1h, tapi sekarang gw bahas dengan lebih nyantai kali ya.. lagipula gw udah lupa dulu gw nulis apaan aja hahaha. Oh iya sekedar info aja, bahasan ini informasinya gw dapet dari Animonster Vol. 76, july 2005, dengan tambahan pengalaman pribadi masa SMA tentunya. So thanks banget buat mereka buat pengetahuannya sangat menginspirasi untuk tidak menjadi seperti golongan ini hahaha

.......

Tunggu tadi teh gw mau ngomong apa ya?? Aduh lupa hahaha, sori ya ditengah kehusyukan nulis tadi ada yang minta makan ke rumah hahaha. Baru balik pas mau lanjutin malah bengong doang di depan komputer 15 menit ada kali, untung ujan (apa hubungannya ya??). Kadang – kadang suara hujan terdengar begitu indah jadi pikiran segar lagi deh. Oke kita lanjutkan sambil ditemani suara hujan dan lagu Orange Range yang judulnya Happy birthday Yeah! Yeah! Wow!

Kadang – kadang ya gw mikir beruntung banget ya orang Indonesia tetep selalu setia dengan statusnya sebagai negara berkembang (^_^’). Yah ga untung – untung juga sih sebenernya, Cuma untuk kasus ini bisa dibilang kita cukup beruntung karena di Indonesia kasus ini ga ada, dan kalaupun ada jumlah kasusnya cukup sedikit. Kalo yang biasa nonton dorama Jepang atopun anime/manga mungkin cukup familiar dengan salah satu contoh dari kasus ini. Pernah kan pas lagi baca atau nonton kalian liat ada tokoh yang hobinya ngedekem di kamar, dia ngehindarin sosialisasi dengan masyarakat luar secara langsung, yang dia lakuin Cuma baca manga, maen ps, ato ngenet di kamarnya bahkan dia juga hampir ga pernah keluar kamar. Nah mereka biasanya disebut dengan Hikikomori di Jepang. Hikikomori merupakan salah satu jenis NEET. Hah NEET? Mungkin di Indonesia kita asing banget ama istilah ini, NEET merupakan kepanjangan dari Not in Employment, Education or Training. Sesuai namanya golongan ini merupakan istilah untuk orang – orang ya ga kerja, ga sekolah, juga ga ngikut pelatihan – pelatihan padahal mereka dalam usia produktif. Loh kalo gitu di Indonesia banyak dong? Kan banyak pengangguran? Keliatannya sama ya, tapi mereka ini beda mereka bukannya ga dapet kerja, mereka ini ga mau kerja, mereka hidup dengan ngegantungin diri ke orang lain entah itu orang tuanya atau kerabatnya yang lain. Mereka juga biasanya berasal dari keluarga yang mapan.

Dari tadi yang gw omongin Jepang terus ya? Walopun contoh kasus yang gw ambil adalah di Jepang, sebenernya istilah NEET ini sendiri muncul di Inggris sekitar tahun 90’an, dan ditujukan buat orang – orang berusia 16 – 18 yang ga mau bersosialisasi dengan masyarakat. Sedang di Jepang sendiri golongan ini sendiri baru muncul tahun 1997 bersamaan dengan munculnya krisis moneter. Pas itu sekitar 80ribu anak sekolah yang lulus banyak yang milih ga kerja padahal persaingan ga terlalu ketat. Di Jepang golongan ini ditujukan untuk orang – orang yang berusia 15 – 34 tahun mereka ga kerja, ga nikah, ga lagi belajar, ataupun ga lagi ngelakuin pekerjaan rumah tangga.

”Daripada ngusahain sesuatu yang ga jelas berhasil ato nggaknya mending ga usah aja sekalian, kan capek!” atau ”Ngapain jadi orang dewasa tiap hari kerja ampe malem kalo lembur ampe pagi udah gitu besoknya harus ke kantor lagi, mending seneng – seneng!” mungkin pemikiran – pemikiran macam inilah yang terlintas di benak para NEET. Walopun gw ga pernah ke Jepang tapi siapapun gw rasa pasti tau gimana kuatnya tekanan dan persaingan di Jepang. Dan jujur aja terkadang sebagai remaja kita sekali ato dua kali pasti pernah mikir kaya gini ato mungkin pemikiran sederhananya ”i don’t wanna grow up”. Nah NEET di Jepang di bagi ke 4 katagori:

  • Yankee

Neet golongan ini hobinya seneng – seneng bareng temen – temennya. Hidup mereka sepenuhnya tergantung dari orang tua mereka yang biasanya berasal dari golongan yang mapan. Mereka juga biasanya disebut dengan parasite freeter.

  • Hikikomori

Untuk golongan ini gw rasa udah cukup jelas ya. Seperti yang gw bilang golongan ini hobinya ngedekem di kamar. Emang sih enak kaga ngapa – ngapain, apa – apa di suply. Iya enak sih enak, tapi siapa sih yang ga bakalan bosen? Gw aja udah dua bulan ini kaya orang Hikikomori kerjaannya makan, tidur, ngenet, itu juga pake ’kadang – kadang jalan – jalan’ aja udah bosen banget. Mungkin gara – gara ini kali ya kebanyakan dari Hikikomori berakhir tragis (bunuh diri, red).

  • Tachisukumu

Golongan ini ditujukan buat orang – orang yang ragu dalam nentuin masa depannya. Contoh nyatanya biar gampang gw contohin dengan kejadian nyata di Indonesia aja ya (bukan berarti di Indonesia ada NEET loh! Cuma biar lebih gampang aja ngejelasinnya), pernah waktu itu di tengah kelas XII di SMA gw sempet nanya ke berapa orang pertanyaannya sederhana ”mau kuliah dimana?” beberapa orang udah yakin dengan jawabannya sedangkan sebagiannya lagi ngejawab ”ga tau gw mah, yang penting dapet”. Kata orang tujuan adalah hal paling penting, apa jadinya kalo kita pergi jalan – jalan tanpa tujuan apa ga bakalan nyasar tuh?

  • Tsumazuki

Tipe terakhir ini merupakan orang – orang yang pernah kerja Cuma mereka gagal, dan akhirnya mereka ngalamin trauma (wajar deh dengan persaingan seketat di Jepang ck..ck..). Trus selain itu golongan ini juga ditujuin buat yang ga punya rasa percaya diri.

Di Jepang NEET berkembang cukup pesat, dari yang tahun 97 sekitar 80ribu orang menjadi 400 orang di tahun 2000, dan 520 orang di tahun 2003. Jadi apa sih sebenernya penyebab munculnya golongan ini? Selain trauma, coba liat deh Kayak di Indonesia sekarang menyeruak isu ”yang lulusan s1 aja belum tentu dapet kerja”, alasan wajarnya karena perusahaan lebih nyari pekerja yang udah lebih berumur dengan alasan sudah banyak pengalaman, yah mau gimana lagi (tapi sekarang udah mulai banyak yang nerima yang muda ko di Indonesia hehe). Tapi gara – gara ini banyak yang mikir yang gak – gak kaya ”ngapain sekolah tinggi – tinggi kalo ga dapet kerja, duit keluar iya, capek iya” dan alasan mereka logis sangat logis menurut gw malah. Selain itu sifat orang tua yang terlalu manjain anaknya ngaruh juga. Soalnya gara – gara ini anak jadi sulit buat belajar mandiri dan akhirnya jadi ketergantungan ama orang tuanya. Udah gitu faktor agama juga, di tengah hingar bingar Jepang dan tekanan sebagai negara maju, siapa sih yang ga butuh pegangan hidup?

Jadi kenapa sih harus ngebicarain soal NEET? Kan ga ada urusannya dengan Indonesia? Iya juga sih tapi gejala – gejala anak muda sekarang cukup memprihatinkan, banyak yang kaga ngerjain PR kalo pun dikerjain paling baru ngerjain di sekolah, ngerjain PR ko di sekolah (itu saya! Maaf... ^_^’), sering cabut sekolah, nilap uang sekolah, apalagi tuh banyak deh pokonya. Gw nulis ini dengan harapan jangan sampe deh ada kejaian begini di negara kita ini, dan juga sebagai masukan untuk terus berusaha apapun yang terjadi buat semuanya termasuk buat gw sendiri tentu aja. Inget oi kita nih bukan negara maju, kita Cuma negara BERKEMBANG! Di Jepang aja NEET bikin permasalahan ekonomi, apalagi di Indonesia yang dari dulu ampe sekarang hobinya jadi negara berkembang terus, bisa abis kalo generasi mudanya pada begitu. Kenapa sih emangnya kalo gagal? Emangnya yang namanya seneng – seneng tuh selalu harus ngorbanin kewajiban ya? Lagian dalam hidup kesempatan tuh ga Cuma sekali, ada banyak selama kita mau usaha. Justru yang paling indah tuh saat – saat lo berusaha ngedapetin semua yang lo inginin kan? Perasaan seneng, sedih, marah itulah yang terpenting! Yang ngejadiin manusia sebagai manusia seutuhnya...

3 talks:

Abdullah salam as-sa'id said...

hohoho,
jarang2 juga ada yang ngebahas soal NEET,
thx bwat infonya.

spada.

Anonymous said...

hiohoho,
jarang2 da artikel yang ngomongin masalah sosial, pa lagi NEET.
thx bwt infonya.

=>bedullah-spada.

Rifqi said...

Aku juga NEET kriteria no.2 saya lebih senang bergabung dan saling menyapa teman online saya di termasuk di game online, saya lebih percaya teman online saya dari pada teman offline saya.