Kerendahan hati

"Kalau kau tak mampu menjadi jalan raya jadilah saja jalan setapak, tapi jalan setapak yang mengantarkanmu pada mata air."

ini salah satu isi dari buku suci yang paling gw suka. Karangan taufik ismail judulnya kerendahan hati. Kenapa? Alesannya sih sederhana karena puisi ini berkesan. Seperti judulnya, kerendahan hati, puisi ini mengajarkan kita untuk menjadi apa sebaik - baiknya diri kita. Intinya adalah saat lu ingin menyumbangkan sesuatu, ingin memberikan kontribusi gak perlu jadi orang lain. Gak perlu lebai. Dan gak perlu rebutan kekuasaan. "Jadilah saja sebaik - baiknya dirimu". Kita punya lapaknya sendiri. Punya sesuatu yg khas. Kita manusia berbeda karena memang ada yang bisa kita kerjakan tapi orang lain gak.

"Bukan besar kecilnya jabatan yang menentukan tinggi rendahnya dirimu". Memang bukan. Walaupun banyak sekarang yg berpikir jabatan, strata, kasta adalah penentu harga diri, kesuksesan, kehidupan. Menurut gw sih gak kayak gitu juga. Berada di jabatan terendah pun, tugas gak penting sekalipun selama kita ngerjain itu sepenuh hati, dengan niat yg baik pula itu udah kontribusi yg besar. Ibarat rumah kan gak langsung jadi bertingkat, harus bkin rangka, di cor dulu. Hal besar ya dimulai dari hal - hal yg kecil juga. Gak perlu kan rebutan kekuasaan? apalagi kalo cuma mau menangin satu golongan atau mau memperkaya reputasi diri doang. Haha

Yah, cuma pemikiran doang sih. Ntar kalo udah kembali ke komputer gw insert full puisinya. Haha. well, see you

Taufik Ismail - Kerendahan Hati
 
Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
yang tegak di puncak bukit
Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik,
yang tumbuh di tepi danau
Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja rumput, tetapi rumput yang
memperkuat tanggul pinggiran jalan
Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
Jadilah saja jalan kecil,
Tetapi jalan setapak yang
Membawa orang ke mata air
Tidaklah semua menjadi kapten
tentu harus ada awak kapalnya….
Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu
Jadilah saja dirimu….
Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

0 talks: