168 Hours Journey -- Bromo (TNBTS)

"Disini kita telah bersatu.
Bicara tentang pohon - pohon yang hilang.
Pada siapa terucap, ungkapan jiwa.
Abadikan indahnya rimba kami"

Sahabat Perjalanan

Kamis, 17 Januari 2013. 17.50 pasar senen, akhirnya perjalanan pun dimulai dan kereta berangkat dari senen menuju Pasar Turi dengan tiket kereta satu orangnya 43ribu. Selama di kereta gak banyak juga sih yang bisa kita lakuin. Maklum masih baru kenal satu sama lainnya. Buat gw Engkoh, Tohir, sama Ozan itu temen baru. Jadinnya masih belum bisa deket aja. Cuma ngobrol dikit - dikit aja buat tau seperti apa mereka. Yah, kecuali si Engkoh, dia tidur terus habisan. Bangun - bangun dia malah main TTS -____-. Si Nyu-i ada lagi, dia ikutan main TTS. Dia cuma ngisi tiga nomor dan ngaco isinya. Pas ketemu clue "Lautan Sempit" awalan huruf "S", sama dia malah diisi "Sempu", kan harusnya "Selat". Asli ngaco. Malem - malem dia bangun, cuma buat beli kerupuk. Sambil makan dia nawarin ke yang lain "Renyah sewu, renyah sewu" katanya sembari menirukan logat si penjual kerupuk. Pas kita mulai ngambil, nyu-i pun balik bertanya "Eh sewu tuh berapa ya?". Entah dia bayar berapa itu kerupuk. Hahaha. Koplak.

Jumat, 18 Januari 2013. 6.15 akhirnya stasiun Pasar Turi. Sekarang kita lagi di warung nasi ada Ozan, Tohir, Sune, buntang, sama Riri. Ya si Preti, Jambul, Engkoh dan Nyu-i lagi nyari parafin. Dan out of nowhere tiba - tiba Nyu-i dateng dan nanya wc dimana. Oke dia pengen boker (lagi) ahh kebiasaan. Selalu deh, perut dia berkontraksi dengan cepatnya. Waktu di Merbabu juga sama - sama nya. Kata orang kesan pertama saat bertemu itu yang paling diingat. Buat gw, kesan pertama pas gw kenal Nyu-i di Merbabu adalah dia lelaki yang paling lancar pencernaannya. Haha. Karena buru - buru Nyu-i langsung meraih pintu kamar mandi umum yang terletak di sebelah warung nasi tempat kami duduk. Pas dia buka wc ternyata ada orang lagi mandi. Bodoh -____-.
Stasiun Pasar Turi - Surabaya
Tujuan pertama kita adalah Gunung Bromo, yang terletak di kabupaten Probolinggo. Pengelolaan Gunung ini termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru. Mungkin buat kalian yang udah nonton film 5 cm, pasti familiar dengan nama taman nasional ini. Berkebalikan dengan Gunung Semeru yang membutuhkan fisik yang cukup lumayan untuk menggapai puncaknya. Gunung Bromo dapat dicapai oleh pemula. Pasalnya untuk mencapai objek - objek yang sering dikunjungi wisatawan kita dapat menggunakan mobil jeep maupun menunggangi kuda. Yah, mungkin kita hanya harus sedikit mengeluarkan dana yang agak lebih, tapi tidak terlalu mahal kok asal pandai menawar saja :).

08.45 Kita memutuskan untuk menggunakan bis jurusan Bungurasih. Sembari menunggu di jalan gw sama Kun, nyanyi lagu The Show - nya Lenka. Lama sih bisnya. Hahaha. Akhirnya setelah menunggu kita dapet juga bis jurusan bungurasih dengan tiket seharga 5rbu kita pun merapat ke terminal. Tentunya ditemani duo pengamen cilik yang nyanyiin lagu radio.

09.08 terminal Surabayaaa! Akhirnya kita tiba di terminal. Terima kasih buat moli, om dade, kakanya riri, ibu warung, dan mas - mas anak gunung (juga) yang mau dengan sukarela mencarikan bis tujan Probolinggo buat kami seharga 15rbu satu orang. Setelah dua kali naik bis ekonomi di jawa, gw bisa bilang gw gak cocok. Entahlah bisa juga karena cuaca surabaya yang terik bikin gw engap. Apalagi di bis yang sempit dan mempet it. Dan seperti biasa selalu deh dipindah ditengah jalan. Yah sing legowo ae lah. Namanya juga backpaker. Selama di jalan ternyata para lelaki lagi ngegosipin bapak bapak yang lagi nonton yah -- you know what i mean. Haha. Ternyata perjalanan menuju Probolinggo jauh juga ya. Dan Buntang sempat berpetuah "wahyu yang sabar ya, cintamu jauh. Gak kebayang gw kalo Wahyu mau ke rumahnya Moli". Caur.

13.00 probolinggo melepas kepergian kami dengan rintik hujan. Dengan menumpangi colt bison dengan dana 25ribu per orang kami perlahan bergerak menuju Cemoro Lawang. Semakin keatas semakin tebal kabut yang menjamu kami. Agak memicu adrenalin ketika perjalanan melalui tepian jurang, dengan kabut putih tebal dimana - mana. Asli deh, cukup menegakan juga. Hahaha. Tapi ketika kabut perlahan mulai menipis dan mata mulai menangkap bias warna hijau, gak ada satu pun dari kami yang gak berdecak kagum. Apalagi dengan bambu - bambu tua (entah jenis apa) yang tinggi menjulang mencuat dari jurang - jurang yang terselimuti kabut, rasanya kaya lagi di zaman dinosaurus. Haha. Asli sopirnya canggih bener dah. Haha
Kagak keliatan? Ya memang gak keliatan. Haha
14.00 akhirnya kita tiba juga di cemoro lawang. Setelah kisruh sana sini akhirnya kita nemuin penginapan 200ribu satu rumah. Malemnya kita main masing - masing. Yang cewek main uno, sementara yang cowok pada main poker. Dan semakin larut, tiba - tiba perdebatan pun dimulai. Tohir memutuskan untuk pulang karena ada panggilan dari rektorat untuk mengurus beasiswanya. Preti menasehati dengan bahasa super baku dan gaya sok - sok serius. Sementara buntang menanggapinya lain "Jadi lu mau pulang hanya demi ngasih urin? geloo". Akhirnya setelah agak lama. Tohir akhirnya memutuskan untuk pulang setelah ikut muter - muter ke bromo dulu tentunya. Kan sayang kalau langsung pulang. Sayang juga gak bisa lanjut bareng, padahal baru kenal. Yah namanya juga takdir. Who knows. Aniwei selamat hir akhirnya beasiswa lu cair! Haha, gak sia - sia lu balik :). Aniwei, semoga perjalanan besok lancar.
Walaupun rada blur, entah kenapa gw suka foto ini :)

Di depan rumah yang kita sewa :)
Sabtu, 19 Januari 2013. 02.30 gw bangun, pengen bangunin anak - anak, tapi bingung jadinya gw masak sama riri. Setelah itu gw bangunin dusun karena bangunin buntang sama aja ngomong sama angin. Perjanjian kita adalah jangan bangunin anak cowo sebelum anak cewe pada masuk kamar mandi. Dan seperti biasa, teman tercinta kita Yuni Rismelia Buntang tetap menajdi jagoan dalam hal sulit bangun. Haha. Yang agak ngaco itu si nyu-i dia gak bawa jaket pink tebelnya itu dan gak bawa sleeping bag. Dan ia pun mulai berkilah "ya ini salah satu latihan saya menuju everest". Yah, sakarep mu ae lah -____-.
Mungkin ia tengah bermimpi mendaki everest. Haha
Kisruh sana sini akhirnya jam 04.15 kita menaiki jeep yang udah kita sewa. Dengan harga sewa yah 60ribu satu orang kita ngunjungkin penanjakan 1, penanjakan 2, savana, dan pasir berbisik. Gw sama adis sih duduk di depan tapi sisanya dempetan dibelakang. Ya iyalah satu jeep yg cuma buat 8 orang diisi 10 orang. Mana kaki kampret panjang banget pula -_____-. Subuh kita tiba di seruni point katanya sih penanjakan 2. Nungguin sunrise, eh taunya malah kabut. Memang deh yang namanya pendakian kalau udah musim hujan langitnya lebih sering tidak mendukung nya. Tapi dapet juga sih momennya. Yah, biarpun cuma sekilas doang. Eh iya di sini banyak bule broh. Dan kebetulan di sana kita ketemu anak sil 47, ada si putri, libna dan entah siapa lagi. Jongnya itu gw nginjek ranjau. Sialnya, gw diketawain nyu-i habis - habisan. Somplak emang.

Forester tetap di hati. Haha
Sunrise brooo, biar ketutup kabut sih. haha

Lanjut kita ke savana, foto - foto sayangnya kabutnya tebelllll. Tapi, seru juga ngeliat matahari yang perlahan menembus kabut. Lalu lamat - lamat bukit yang berwarna putih mulai berubah hijau. Mungkin ini adalah pembuktian bahwa warna yang kita tangkap berasal dari pemantulan cahaya. Haha. Lumayanlah. Terus, kita ke pasir berbisik. Walaupun, namanya pasir berbisik tetep aja karena musim hujan bisik - bisik aja kagak. Tapi pemandangannya cukup oke juga tuh.Preti dan Nyu-i sok - sokan foto nendang pasir. Hahaha, kagak ngarti gw sama dua orang itu.
Foto di savana a.k.a bukit teletubies ala boyband haha
Pasir berbisik
Terakhir itu kita ke kawah bromo. Akhirnya kita bertemu resi dan kawan - kawan di sana. Agak ngeri juga sih pas di kawahnya. Gw kagak takut ketinggian, tapi kalau udah di antara jurang begitu kepala gw suka pusing terus oleng sendiri. Untung gw kagak oleng. Ya iyalah, gw ambil foto langsung buru - buru turun. hahaha. Ah iya, parah nya adalah karena Bromo cukup mudah terjangkau dengan keindahan panorama yang cukup menggoda jadinya banyak vandalisme di sini. Bukan cuma vandalisme, banyak juga sampah yang dibuang oleh pihak - pihak yang berego tinggi. Mungkin mereka masih ngerasa kalau manusia satu - satunya penghuni di bumi kali ya, makanya jadi seenaknya gitu. Sedih aja pas ngeliat rekahan batu - batu sisa aliran lahar yang terbentuk dengan alami, taunya di atasnya di corat - coret. Kagak ngarti lagi gw. Apa coba gunanya bikin vandalisme sembarangan kaya gitu, gak bikin lu jadi artis dadakan juga kan? Sampah juga, aduh itu mah. Tinggal di taro dulu di tas, ntar tinggal dibuang. Kan naik jeep ini. Naik kuda juga bisa. Gak pake carier juga kan. Seberapa berat sih? Kalo gak mau repot ya gak usah bawa makanan. Miris, aja sih ketika ngeliat para pemungut sampah (mungkin penduduk sekitar) yang masuk ke kawah buat ngambilin sampah. Kagak kebayang kalau mereka sampe kepleset dan jatuh ke dasar kawah. Ilang udah nyawa. Mana mereka ngambilnya gak pake pengaman juga lagi. Haaa~ manusia.
Trek di Bromo

Tangga sebelum kawah
See?

Yang fisiknya kurang kuat, bisa nyewa kuda~
Setelah cukup lama berjalan - jalan. Akhirnya jam 10.30 kita sampe di rumah yang kita sewa. Untungnya gw sempet mandi, soalnya pas jam 11an ternyata pak sopir elf udah nungguin. Tergesa - gesa kita masukin barang - barang ke elf. Dan kampret masih sempet - sempetnya minjem sisir di elf malu - maluin gila. Colt yg kita tumpangi adalah colt yang kemarin. Kebetulan ditawari bapaknya dengan harga 20ribu satu orang. Yah lumayan lah jadi penawarannya kita embat. Oh iya kalau mau ngetag gini, jangan lupa cari tau dulu dijemput ham berapa. Jangan kaya kita buru - buru. Di elf kita pun tepar, capek ternyata. Dan lagi kepergian kita ke probolinggo diiringi dengan hujan. Sesampainya di terminal Probolinggo temen kita, tohir langsung cabut ke lampung karena ada urusan akademik mendadak. Semoga dia sampe dengan selamat.Yah, dan kru kita pun berkurang satu. Sedih juga ternyata.

Dan itulah akhir kisah kita di Bromo. Next on, 168 Hours Journey -- Cagar Alam Pulau Sempu.

*)foto credit: mawar, nyuy, dira, jambul