168 Hours Journey -- Cagar Alam Pulau Sempu

"If I could, then I would.
I'll go wherever you will go.
Way up high or down low.
I'll go wherever you will go"

The Calling - Wherever You Will Go

Sabtu, 19 Januari 2013. Setalah solat zuhur, dan mengumpulkan informasi sekitar pukul 14.00 kita berangkat ke malang naik bis akas seharga 14rbu dari Terminal Probolinggo. Yah lumayan meski ngebutnya gak nahanin. 16.15 akhirnya kita sampe di malang dengan guyuran yang dahsyat. Sesampainya di terminal Arjosari Buntang sama kampret nyari penginapan. Sementara gw, riri, adis nyari tau kendaraan buat besok. Oke akhirnya kita mendapatkan kamar, yah semacam kosan lah seharga 90rbu semalem satu kamar. Tentunya kita cuma nyewa satu kamar lah. haha. Kosannya punya bapak RT namanya pak Misit. Bapaknya baikkkkk banget suka ngelucu juga dan mirip hatta rajasa. Walaupun bapak RT, si bapak masih anteng dengan warung nasinya. Bahkan melayani kami. Makan malam maupun pagi kami pasti ketawa. Bapaknya seneng banget godain dialek nya si Sune "tuju rebuuuu" kata bapaknya berulang - ulang yang bikin si Sune malu. Haha. Selesai makan malem, kita semua keluar nyari atm, sama perlengkapan buat besok. Semoga perjalanan ke sempu besok lancar~ :)

Minggu, 20 Januari 2013. 07.10 kita mulai sarapan ditempat warung nasi bapaknya. Seru juga udah makanannya enak bapaknya juga lawak. Setelah makan dan nonton doraemon sekitar 8.15 kita berangkat ke terminal gadang naik angkot AG dengan ongkos 3ribu. Mungkin karena carier kita banyak kali ya. Harusnya sih 2500 jauh dekat. Yah gak papalah toh jauh ternyata.
Bapak Misit, Pak Rt yang baik hati :)
Pak Misit, tengah membuatkan Pecel untuk sarapan kami :')
Kita sampai di terminal gadang aja jam 9.15an. Sejam berarti yak. Dari terminal gadang kita naik bis santosa dengan ongkos 15ribu turun di pasar turen. Di turen kita ngelengkapin semuaa perbekalan kita. Kampret sama buntang pergi nyari spirtus. Soalnya kita gak punya kompor. Hehe. Gw sama dira pergi nyari makan. Setelah lengkap kita naik ke elf biru yang ada di sepantaran turen. Ongkosnya sih katanya 15rbu. Udah naik eh ternyata lama nunggu penuh. Dan akhirnya elf jalan dengan jumlah penumpang 18 orang. Gila lu ndro~ banyak banget. Ada yang duduk di pintu pula. Horor juga sih. Dan untuk pertama kalinya gw bisa liat perhutani. Haha gw bisa liat hutan jati. Dan entah kenapa gw mulai bisa membayangkan jenis jalan - jalan hutan. Haha.

Akhirnya 12.45 kita sampai di pantai sendang biru. Pantainya cukup bagus, walaupun sekedar tempat penyebrangan bagi kami. Haha. Di sana kita nyewa sepatu. Dikirain sepatu kaya gimana ternyata sepatu mangrove. Cukup dengan 10ribu kita pun bisa mendapatkan ijin sewa sepatu tersebut. Akhirnya setelah semua memiliki sepatu nya -- kecuali kampret sama nyuy yang memilih memakai alas kaki masing - masing. Kampret pake sandal yang diiket pake rafia, sementara nyuy make sandal lapangnya. Yah bisa dibayangkanlah berapa kali mereka kepleset terutama nyuy. Haha.

Mancing mania, mantap! :)
Yang masih bikin gw heran adalah alasan mereka gak nyewa sepatu mangrove. Jadi tersebutlah kita bertujuh (gw, Buntang, Sune, Riri, Jambul, Dira, dan Ozan) pergi ke tempat sewa. Setelah mendapatkan sepatu yang sesuai ukuran kita pun kita balik ke tempat perahu yang akan menyebrangkan kami. Kampret sama Nyuy masih belum minjem sepatu karena jagain barang. Dan berangkatlah mereka 'menyewa sepatu'. Gak lama mereka balik, cukup cepat dan mereka balik sambil cengengesan tanpa mebawa sepatu. Pas ditanya mana sepatunya mereka pun menjawab "Kita nemu ini tadi, jadi kita beli dan gak jadi nyewa sepatu deh. Hehe" Kata mereka sembari mengacungkan alat pancing mini yang mereka beli. Hamsyooong, somplak banget -____-. Pak Edi, polhut yang mengantar kami hanya bisa memandang sambil berkata "lumpurnya lumayan loh". Ujung - ujungnya toh mereka terpaksa make sepatu mereka. Yah sepatu Nyuy pun jebol gara - gara lumpurnya gak nahan. Makanya mase, mbok ya omongan orang tua tuh di denger laah. Haha.
Ini dia sandal kebanggan si kampret -____-. Jangan ditiru yaa
Penyebrangan dilakukan kira - kira 5 menit dengan harga 100ribu pulang pergi. Yah, cukup mahal memang, tapi karena banyak orang ngebaginya jadi enak. Muraah, haha. Jangan lupa juga untuk mencatat nomor kapal dan nomor hp mas nya. Kalau gak pas pulang kalian bisa terjebak di sana sampai ada kapal yang datang. Oh iya, dari pak Edi kita pun diberitahu bahwa sinyal yang bisa dipakai hanya sinyal dari nomor si merah T********. Untuk kalian yang belum pernah ke sempu sebaiknya menyewa guide atau polisi hutan karena jalannya kacau. Cukup dengan 100ribu sekali jalan. Kita jalan yah sekitar 3 jam, aslinya paling lama itu 5 jam kata bapaknya. Perjalanannya lumayan berlumpur. Mending jangan pake baju putih dah kalo mau ke sempu. Dan jangan bawa rentengan apalagi kalo rentengannya pake plastik. Wah cuma bakal kayak plastik sampah dah. Gw sama Dira yang ngebawa cemilan yang kita beli di kota sudah membuktikannya. Plastik kita berubah warna jadi warna coklat. Udah kayak sampah lah. Lagian kalau ada tentengan bagi kalian yang keseimbangannya kurang kayak gw bakal susah kalau mau nyari pegangan. Licin sih jalannya. Si sune aja jatuh pas ngeloncatin pohon tumbang, dengan posisi tas di bawah. hahaha. Kocak udah kayak kura - kura.

Nyampe di segoro anakan kita cuci tangan, cuci kaki baru dah  bangun tenda. Begitu kita masukin badan langsung air berubah coklat. Ahhh, kami menyumbangkan sedimen ke dalam danau. Cacatnya adalah ini musim hujan dan tenda kita gak ada flysheet. Ada terpal sih yah lumayan tapi gak muat buat dua tenda brohh. Untung malem gak hujan. Mana si kampret bodoh, malah buat tempat nadah hujan. Haha yang ada malah keisi pasir menurut gw. Hari pun beranjak malam. Kita makan nasi yang (hampir) basi yang kita bungkus di pasar turen. Udahannya si Kampret sama Nyuy langsung beraksi. Gw kira kampret mau masak. Taunya gw yang di suruh masak dia cuma nyalain api dan langsung konsentrasi sama alat pancingnya. "Sementara sang ayah ke laut, wanita memasak di rumah". Dan setelah segala keriweuhan yang mereka ciptakan mereka pun pergi ke arah danau. Gak lama mereka balik, "angin sedang tidak bersahabat nak". Kagak ngarti lagi gw. Hahaha, koplak. Siapa juga yang mau jadi anak lu. Makin malam akhirnya kita memutuskan bermain. Seperti biasa mainan kita adalah cewek main uno dan cowok main poker. Kali ini mainnya ada hukumannya. Yang sial adalah Nyuy yang entah kenapa kena hukuman terus, nyanyi tiga kali dan nari ala boyband juga. Yaaah kan dia terkenal skandal. Hahahaha. Kagak cerita deh gw, tempat umum soalnya, gak enak~

Senin, 21 Januari 2013. Esok paginya kita bangun dengan bermalas - malasan. Males deh pokoknya, maklum Perjalanan dari sendang biru ke segoro anakan, cukup menguras tenaga. Saat kita terjaga kita menyempatkan diri pergi ke bibir pulau yang berbentuk seperti karang. Deburan ombak samudra hindia langsung menyambut kami dengan hantaman yang bergemuruh pada dinding karang. Setelah merasa puas memandangi samudra kita pun balik ke camp. Anak - anak udah pada bangun kecuali kampret tentunya. Yah, biasalah kita sama - sama tau kelakuan kampret kayak apa. Haha. Akhirnya kampret pun terbangun setelah angin dahsyat menyerang tenda hingga tenda kita hampir roboh. Kalo gak ada angin itu mungkin kampret gak akan bangun kali ya. Haha. Setelah bangun kampret dan nyuy kembali bergerak menuju pantai. Walaupun semalem mereka berdua gak berhasil mendapatkan ikan, rasanya obsesi mereka ber'mancing mania' tetep berlanjut. Apalagi setelah mereka ngedenger ada yang berhasil dapet ikan hias. Wah, langsung dah semangat mereka. Ngambil terpal buat nangkep teri supaya dijadiin umpan.
Segoro Anakan -- The hidden Paradise
Preti yang berusaha mancing
Mancing teri pake terpal -____-
Samudra Hindia brooo :)
Dan kebodohan kita adalah kita mau - maunya melakukan kebodoham seperti yang mereka lakukan. Harusnya gw videoin sih. Pokoknya, kocak deh. Akhirnya terkumpullah 7 ekor teri yang niatnya mau dijadiin umpan sama mereka. Eh tapi malah mereka gak dapet dan memutuskan untuk memancing teri (pake terpal) saja. Kampret pun berkilah "angin laut sedang tidak bersahabat nak". Kagak kebayang kita ribut - ribut di bibir danau sementara daerah situ lagi ramai. Udah rame kita malah nangkep ikan pake terpal alih - alih alat pancing. Kalau diinget - inget sih malu - maluin juga. Hahaha, kalian ini -_____-. Untung teri nya enak dan bisa dimakan, yah walaupun gosong sih. Haha. Ah iya, satu hal lagi berhubung ini cagar alam, di pulau sempu banyak terdapat berbagai macam hewan, selain kadal ada juga lutung dan macaca. Hati - hati bagi kalian yang diriin camp dekat dengan wilayah hutan karena setiap pagi akan ada macaca turun buat ngembat bekas makan kita. Jadi amankan barang - barang kalian. Jangan sampai ada yang di luar yaa. Aniwei, dibandingkan di Pangandaran, Macaca di pulau ini masih takut sama manusia, jadi mereka masih gak berani macem - macem.

Jam 11 kita mulai bersiap pergi. Packing penuh kisruh akibat angin yang kencang bak badai. Korban dari badai tersebut adalah matras entah siapa yang hampir hanyut ke danau. Kalau sampai bablas ke laut bahaya dah. Yah tapi badai tersebut tetap memakan korban, kaos kaki gw ilang sebelah :(. Aniwei kita pun memutuskan untuk mengambil foto bersama di depan segoro anakan. Setelah foto kita pun pamit ke penghuni tenda sebelah, yang kebetulan merupakan kakek dan nenek yg berusia sekitar 60 tahunan. Wow, banget memang. Masalahnya trek sempu kan rada ajib tuh. Pulang dari sempu kita dilepas oleh rintik hujan, susah payah akhirnya sekitar jam tiga kita tiba di bibir pulau sempu, di tempat penjemputan. Perjalanan ke sini bukan hal mudah. Masalahnya entah kenapa medan terasa lebih berat, medan lumpur nya sulit untuk dilalui. Berkali - kali gw hampir jatuh karena sepatunya tersangkut di lumpur. Bahkan gw sempet ngeguling di depan orang lewat. Maluuuu, udah bilang "duluan ya mas", eh gw malah kepleset di depan merka. Zzzz. Akhirnya paruh akhir perjalanan gw memutuskan untuk melepas sepatu, yah mau gimana lagi kondisi sepatu emang udh brutal.

Lain gw lain Sune. Keliatannya yang apes saat perjalanan balik adalah Sune. Medan pulang yang rada - rada berlumpur dan lengket bikin kita kerja keras buat ngejaga sepatu kita tetep nempel di kaki. Sune yang emang gak pake kaos kaki dari pas berangkat kukunya mengalami cantengan. Gyahaha, kasian sih. Kasian pas liat dia treking balik sambil nahan sakit di kaki nya itu. Asli lumpurnya parah. Jadi jangan ke sempu kalau musim hujan ya kawan. Ini saran dari gw. Haha. Udah kagak keitung berapa kali sepatu lepas, atau bahkan nyangkut di dalem lumpur. Bayangin deh, si Sune jalan dengan kondisi kaki cantengan. Haha mantep emang Sune, lu emang perkasa dah :).
Ini kakinya nyuy. Ajib kan treknya? :)
Istirahat sejenak, pantai di depan mata sob
Abaikan buntang, lihat di belakang apa yg dilakukan kampret. haha
Dan sampai di bibir pantai, di tempat penjemputan gw zong, karena sepiiiii banget. Kapal pun gak ada. Untungnya kita udah nyimpen nomor mas - mas yang nganterin kita. Sembari nunggu kita bersih - bersih, dan kampret (lagi - lagi) masih sempet mancing. Yah, walaupun gak dapet sih. Hahaha. Akhirnya kita pun kembali di pantai Sendang Biru. Di sana kita ngeliuat orang - orang yang baru nyebrang. Kita hanya bisa memandang sedih mereka, sambil berkata "perjalanan baru dimulai nak". Haha, Asli kagak kebayang gw treking sempu, perjalanan malem. Kalau sepatunya copot, gak ketemu atuh.

Setelah tiba, tanpa diperpanjang lagi kita langsung mandi dan bebersih. Yah, soalnya kita udah ditunggu mas elf nya. Gak enak bro udah mau malem dan dia udah nunggu kita sekitar dua jam. Setelah beres Buntang dan Kampret pun berdiskusi tentang harga elf. Dan kita pun ditawari untuk pergi hingga alun - alun dengan 250ribu. Kita pun menyetujui nya. Asli masnya cepet banget nyopirnya. Dibilang stres ya stres juga. Haha. Akhirnya gw memutuskan untuk tidur aja daripada panik sendiri. haha. Dan perjalanan kami menuju pusat kota Malang pun dimulai. Dan cerita yang seru pun masih berlanjut :)