Kontur Bzzzzt

Setelah tulisan gw yang bener amat sangat nyampah sebelumnya sekarang gw mau nulis yang agak waras dikit. Sekarang saya hendak bercerita tentang satu mata kuliah yang paling berkesan selama semester 3 ini, apalagi kalau bukan Ilmu Ukur Tanah dan Pemetaan Wilayah. Ini jurusan yang bikin temen - temen gw ogah masuk perencanaan hahaha. Yah tapi kalau boleh jujur ini jurusan yang bikin gw ngerasa hidup walopun emang ini mata kuliah susah banget. Gw bukan orang yang pandai menghapal, ngitung itu jiwa gw sebenernya. Kalau gw galau ya gw cari mate atau fisika pas zamannya sma, lah sekarang? Apa yang bisa gw utek - utek. IUTPW gak ngerti konsep jadi belum lancar, tapi seenggaknya lebih baik daripada tidak ada.


Pengalaman IUTPW adalah mendengar ceramah asprak soal harga theodolit yang mahalll banget dan kalau rusak cuma bisa beli dan benerin ke jepang. Dan asprak gw selalu iseng bilang 'hayo siah ke jepang'. Selain theodolit sih ada lagi yang lainnya kayak pita ukur, jalon itu hampir tiap praktikum ada. Emang iseng banget deh itu ngukur - ngukur tanah. Yah emang sihgw selalu gabut, soalnya gw sekelompok sama temen yang pinteeeer banget dan rajin - rajin pula. Jadinya gw jarang ngitung kalau iut, saya percayakan saja pada mereka. Hingga akhirnya praktikum terakhir dan gw gak bisa ikut ke kelompok gw, soalnya gw gak bisa praktikum hari itu. Gw pindah jadwal ke hari selanjutnya ke kelompoknya Fika dan Oma. Alasannya soalnya kelompok mereka sangat kekurangan orang. Pas awal mulai aja cuma ber 4, soalnya Oma sama Yuri kesiangan, terus Fitha, wulan, Via pindah hari. Oke gw masuk dan kehedonan pun dimulai. Diantara kita semua gak ada yang biasa pegang data. Si Oma dableg emang nyuruh gw ngerjain itungannya. Ya udah deh,akhirnya gw memparasiti Riri. 


Mulanya gw sama fika ngerjain sampe jam 1 pagi, tapi berhubung kita ada urusan kerjaan kita gak bisa lanjut dan diserahkan ke wahyu. Eh tau - taunya pengolahan data salah, oke fine mau gak mau harus ngulang. Dan itu data baru beres jam setengah 4 pagi padahal jam 9 udah harus dikumpul supaya bisa ikut ujian praktikum dan yeah gw belum belajar buat UP. Lanjut ternyata (lagi-lagi) itungan salah. Data dibalikin dan mau gak mau ngulang biar gak eror. Mana datanya ngempot lagi, sumpah gak tau itu koordinat pabalatak banget. Akhirnya gw inisiatif ngerjain sendiri pas malem tahun baru, kebetulan lagi galau juga sih haha. Itu gw mulai ngulang jam setengah delapan pagi dan yeah beresnya jam 1 pagi. Laporan apa ituuuuuu


Laporan jadi bukan berarti masalah beres, data harus dikonversi ke dalam peta kontur. Dan titik kontur gw rata - rata jumlahnya 100, 200, sampe 300an gimana gak jereng tuh mata. Masa ada dalam 0,6 cm harus ada 10 garis kontur. Kalau kata raditya dika 'mateee'. Untung si Fika bawa Novan ngerjain hahaha. Kerja tahap pertama, gw inget tuh sabtu habis rapat HRD. Mulai magrib berlanjut ampe pagi. Edan itu mah. Si Fika emang hipopotamus, baru ngerjain dikit langsung tepar, pas di atas peta. Haha untung gak dilierin. Gw tidur jam 3.45 pagi terus kebangun solat subuh jam 5 pagi dan gak bisa tidur dingin banget men, akhirnya ngerjain ampe jam setengah 12. Itu juga belum kelar gara - gara bingung. Gw pulang dan gak mandi, di trans pakuan gw tidur rasanya tentram banget. Bangun - bangun udah di warung jambu. Nyampe rumah gw tiduran bentar, terus lanjutin lagi dari sore ampe jam setengah 12 malem. Rasanya pengen terjun payung saking pusingnya. Mana besoknya ujian dendrologi pula.


Akhirnya itu diberlanjutkan lagi hari senin nya habis ujian dendro, sekarang gw ngajak Oma bantuin. Untung si Fika bawa Novan yang gw pekerjakan juga hahaaha #ketawa busuk. Dan itu 'diberhentikan' jam 8 karena gw dan oma pulang. Lagian tinggal disalin di kalkir. Besoknya lanjut lagi di kosan Riri itu dari jam 12 dan baru beres magrib. Gw kira udah ya beres. Eh pas dikumpul rabu, ternyata masih kurang garisnya dan dibalikin lagi. ARGHHHHH! akhirnya cabut lagi ke GU lantai 3 di perncanaan ngelanjutin lagi dan beres magrib. Udah tau deh gimana itu peta. Softcopy yang di milimeter bloknya gw bawa pulang, mau dipajang di kamar. Ntar gw bisa bilang ke temen yang berkunjung ke kamar gw, 'hei kawan ini adalah bukti praktikum terjamban yang pernah gw rasain'. Gak kebayang deh kalau semua praktikum kaya begini. Ck ck. Tapi cuma mata pelajaran ini yang ada di semester ini untuk menghilangkan penat dan keambiguan pola pikir gw akhir - akhir ini. Jadi yaaah terima saja. It just like a 'sweet' memory in this 1st year in this faculty of forestry. 


Eh iya dan gw keterima masuk KS perencanaan :3~ yihaaa. Gw cuma pengen nyoba aja. Kalau betah gw lanjutin ampe semester 5 tapi kalau gak, yah tetap di pemanfaatan aja deh. Kan harus tau dan pandai mengukur diri. Jangan berharap ketinggian soalnya kalau jatuh patah tulang, tapi kalau berharap kerendahan nanti gak bisa maju - maju. Haha. Dan kalau keterima himpro, oke deh berusaha sebaik - baiknya yaa~~ Keprofesian keskertariatan~ keterima yang mana yaaa~ #pura - pura gak tau. Haha. Anything of those division that will accepted me, i'll still try the best for my departement. Katanya mah haha. Kalau kata kb '2 anak cukup' kalau kata gw '2 organisasi cukup'. Kan masih ada akademik hehe yang penting bisa melakukan yang terbaik di yang sedikit itu kan? :)

0 talks: