SC, Minor itu aapaaaah?

Ehem nulis serius. Oke sekarang saya mau nulis lagi, kali ini setengah curhat juga sih haha. Sambil ditemanin lagu remember the rain nya deluhi yang bikin mellow abis - abisan, gw mau sharing soal dunia kuliah. Yah, tapi gw batasin untuk ruang lingkup IPB khususnya fahutan aja yaa.

Kata siapa kehutanan santai? Ampas lah itu hanya mitos. Mana ada orang praktikum lapang hampir sebulan tiap peralihan genap ke ganjil pas yang lain pada libur? khusus fahutan itu masih ada. Dan buat gw, baru pertama kali gw hampir gak tidur 3 hari berturut - turut gara - gara ngolah data dan bikin peta kontur. 

Mengutip ucapan temen yang gw lupa siapa, "kuliah di IPB mah masuknya gampang, keluarnya mati-matian". Yahaha, dulu gw pikir ah lebai itu mah, tapi sekarang gw cuma bisa bilang "anjir ini matkul susaaah amaaat !". Dan hal itu sukses bikin IP gw terjun payung. Sekarang gw lagi ketar - ketir nungguin nilai satu mata kuliah lagi yang bakal jadi penentu gw bisa ambil maksimum sks apa kagak. Rasanyaa kaya jalan di gigir jurang arhhhhhhhh!!!

Biar temen atau adek gw gak ngerasain penyesalan yang sama kaya saya, jadi mau sharing - sharing dulu aja. Setidaknya, yah semoga aja gak ada yang harus terpaksa keluar atau yahh gitu pokoknya.

Pertama mulai dari TPB. Biar gw wanti - wanti dari awal, dengan memohon dengan sangat, gw mohon tolong tpb jangan digampangin. Biar emang materinya gampang, gw harap usahain lulus di semua mata kuliah tpb. Utamanya mata kuliah yang sekiranya merupakan prasyarat di departemen lu ntar. Biar dapet D yang artinya boleh ngulang boleh gak, gak apa - apa yang penting lolos dulu. Kalo di MNH pelajaran TPB yang meurpakan prasyarat itu matematika sama ekonomi umum jadi hati - hati di pelajaran ini. Temen gw yang sekarang terpaksa ninggalin IPB dan yang hampir terpaksa ninggalin IPB rata - rata karena nilai TPB mereka. Jadi gw harap ya belajar yang bener. Rasanya sedih aja kalau temen lu ilang. Dan buat kalian yang terpaksa ngulang, gak usah buru - buru. Pastiin dulu kalau kalian udah siap ngulang yaa. Semangat ya buat kalian. Semoga di kesempatan berikutnya kalian lolos :)

Alasan lain kenapa ini si TPB penting adalah terutama TPB semester 2 karena itu bakal nentuin berapa jumlah sks yang bisa lu ambil di semester 3. Kalau ip lu diatas 2,7 lu bisa ambil masimum sks alias 25 (amannya sih 2,8. gw 2,75 cuma bisa ambil 22 sks soalnya).  Pas peralihan dari semester 2 ke semester 3 kita bakal dibingungin sama ambil sc atau minor. Saran gw untuk fahutan (khususnya mnh) ambil sc aja. Temen gw nih rata - rata pada ngebatalin minor. Daripada repot ngurusnya mending ambil sc aja langsung. Terus biar gak bingung pas krs an bareng - bareng aja. Kalau gak sambil chatingan atau smsan hehe. Biar gak mati gaya. Krsan itu ngebete in asli. Lemot soalnya.

Terus pas mau ambil sks usahain ambil dulu mayor sama interdepnya. Kalau bisa lu list dah pelajaran apa yang harus diambil di tiap semester biar bisa bikin rencana sendiri. Terus nih kalau ternyata kalian gak bisa ambil sks penuh gw saranin ambil mata kuliah yang nantinya bakalan jadi prasyarat buat semester depannya. Kalau di gw yang harus sangat diperhatikan adalah pelajaran ampas yang susahnya bikin pengen nabok orang itu adalah ilmu ukur tanah dan pemetaan wilayah. Sialnya itu merupakan prasyarat berantai. Pas gw cek, iutpw itu syarat buat invent, dan invent adalah syarat buat tekin, dan tekin adalah syarat buat biomet. Tai kan? udah tau susah. Lainnya itu dendrologi. Itu lumayan kok. Jadi yang rajin aja, jangan ampe nyesel kaya gw sekarang.

Nah kalau ada yang ngulang, terserah sih, tapi ngulang lah saat siap. Kalau ada sp gw saranin di sp in aja biar fokus dan gak kepecah sama jadwal kuliah lain. Kuliah semester 3 itu agak berat. Soalnya masih kaget kan, namanya juga materi baru. Jadi ya masih adaptasi, mending ngulang nya ntaran aja. Mungkin pengecualian buat mate, tapi lagi2 gw bilang mengulang lah dengan usaha maksimal. Kalau gak kuat dan butuh bantuan, bilang aja. Kakak kelas gak ada yang gigit, ke temen lu juga gak apa - apa.

Kalau di mnh semester 3 tuh udah 21 sks jadi udah lumayan penuh. Kecuali kalau mau nambah sc lagi sih bisa aja kalau yang bisa ambil 25 sks, tapi gw saranin gak. Soalnya semester 3 tuh jadwalnya ospek, jadi bakalan padat. Daripada gak bisa bagi waktu mending gak usah dulu. Kalau kshe setau gw udah penuh total jadi gak bisa ambil sc. Kalau thh setau gw semester 3 tuh lumayan kosong jadi mending ambil sc aja.

Supaya nantinya bisa ambil sks penuh pas di semester 4, ip harus diperhatikan. Udah gak bisa kayak tpb yang bisa ambil seenak jidat aja. Untuk bisa ambil sks penuh perlu strategi. Jangan kaya gw, asal belajarnya. Kebanyakan ngegalau pas mau ujian. Akhirnya ketar ketir sendiri hahaha. Pelajaran yang lu fokusin mending pikel, klimat, ksdah, dendro itu lumayan lah bisa harusnya. Kalau pit atau metpenilm yang lumayan sih bisa juga. Ini gara - gara gw pilek dan gak bawa tisu pas ujian metpenilm akhirnya gw isi semua jawabannya dan lupa kalo ada sistem minus. Azzzz. Untuk metstat dan iutpw. Itu susah tapi gak susah amat sih. Di bawa enjoy aja, gampang ko sebenernya. 

Pokoknya jangan drop. Drop cuma bikin lu tambah jatuh lagi. Mau lu nangis nyesel ampe nangis meraung - raung juga nilai gak bakal berubah. Masih ada uas. Perbaikin uas kalo mau. Nih gw bilangin nilai metstat gw 3, artinya E tuh harusnya. Alhamdulillah pas liat nilai akhir gw masih bisa lolos, nilai gw naik. Gak begitu bagus rantai karbon, tapi syukurin aja. Makanya ya, jangan patah arang dulu hehe. Keajaiban itu masih bisa dateng kok.

Terus sekarang di fahutan udah ada SP. Gw saranin kalau lu gak ada kegiatan magang udah ikut aja. Nantinya bakal ngebantu banget. Rata - rata sc tuh banyak yang bentrok, seengaknya kalau lu ambil sp kan jadi ada hari lowong tuh yang bisa disisipin sc. Misalnya nih berhubung gw ada magang seminggu di gunung walat gw jadi gak bisa ikut sp kemarin. Nah pelajaran yang sp kemarin itu dasar kebijakan. Pas di jadwal ternyata dasbik itu rabu, dan jadwalnya bentrok sama sc yang mau gw ambil, agrometeorologi. Akhirnya gw batal ambil sc itu sekarang. Padahal kan lumayan sebenernya.

Sp juga ngebantu buat kalian yang gak bisa ambil sks maksimum. Dengan sp beban sks yang lu ambil berkurang jadinya bisa lu alihkan ke yang lain misalnya buat sc atau buat ngulang. Dengan sp juga kuliah lu jadi lebih santai.

Tapi bukan berati hidup lu harus lu habisin dengan sp ya hehe. Kalau ada kesempatan magang dan lu anggap itu bakalan bermanfaat buat kehidupan di dunia kerja ikut aja. Lulus gak perlu buru - buru, tapi luluslah pada waktunya. Itu kata senior di fahutan. Apalagi kalau masuk perencanaan haha. Yang sabar aja itu mah nunggu waktunya lulus.

Perencanaan? Haha pasti bingung. Sori jadi muter - muter bahasnya. Gini jadi pasti kan bingung tuh "mau ambil sc apa dong gw?". Pertama nih ya buat yang mnh, mending ambil sc yang sesuai buat penjurusan. Di mnh ada 3 penjurusan, yaitu Perencanaan, Pemanfaatan, dan Kebijakan alias sosek. 

Perencanaan ini yang susahnya bikin jongkok jongkok. Perencanaan dibagi lagi jadi Biometrika, remote sensing, hidrologi, dan invent. Kalau lu gak suka iutpw dan metstat mending gak usah deh haha. Basicnya itu sih. Tapi kalau boleh jujur, ini nih bagian yang bakalan laku di dunia kerja. Mereka mainannya teknologi soalnya. Kalau mau ambil perencanan ya ambil yang sesuai aja. Menurut gw ambil gfm cocok juga tuh. Kalau gak pengindraan jarak jauh di semester ganjil punya jurusan tanah. Di tanah juga ada kartografi, itu juga bisa tuh diambil.

Pemanfaatan, ini nih bagian yang gw incer. Kerjaannya ya ngurusin pemanenan gitu. Dari namanya aja udah jelas kalau cocoknya ngambil sc dari thh. Biar lebih masuk aja. Misalnya ambil hasil hutan non kayu. Soalnya masalah gondorukem atau pemanfaat non kau lagi ngetrend kan ya. Atau pulp dan kertas itu juga bagus. Soalnya di mnh cuma dapet hasil hutan sebagai bahan baku sama pengolahan hasil hutan aja. Gak cuma ngurusin gimana caranya, pemanfaatna juga ngurusin rancangan biayanya.Tapi yang di perencanaan juga harus tetep di seriusin. Biar bisa "memanfaatkan dengan perencanaan yang tepat", haha moto gw banget. Cumaaa kalau mau ambil thh mesti siap2, suseh soalnya bo. Harus siap maen ama kimia dan segala macam rantai karbon. Arghhh.

Kebijakan atau sosek. Yah ini mah you know lah. Ini sih ngurusin hutan adat, kebijakan, lala. Yang mau jadi politisi sok mangga diambil. Buat yang suka berargumen, ini bagian bagus juga. Apalagi masalah hutan adat kan lagi in banget tuh. Kalau mau masuk mungkin ngambil lebih ke kpm kali ya? Kajian agraria atau semacamnya. Ini juga ngurusin redd dan segala macamnya. Dari masalah dalam sampai luar negeri ini kerjaannya ini bagian.


Intinya sih yang perlu diperhatiin adalah:

  1. Nilai TPB, terutama yang jadi prasyarat (mate, ekum)
  2. Ngulang jangan buru - buru yang penting siap dulu.
  3. Hati - hati nilai semester 3 anjloknya ampun - ampunan. atur nilai supaya bisa ambil sks penuh (pasang target aja). Jangan kaya gw, kebanyakan ngehedon nilai ambrol hehe
  4. Perhatiin matkul yang jadi prasyarat berantai kaya mate> IUTPW> Invent> Tekin> Biomet
  5. Kalo gak ada magang ambil SP aja
  6. Ambil sc aja, jangan minor biar gak repot takut bentrok soalnya
  7. Ambillah sc yang sesuai penjurusan (perencanaan, pemanfaatan, atau kebijakan)
  8. Kalo bisa ambil sks penuh, penuhin aja, ya maksimal 21-23 sks lah. kita gak tau ip kita kedepannya bakal gimana. Jaga - jaga aja takut guling-guling masuk jurang (kaya gw).
  9. Care ya ama yang lain. Utamanya sih yang nilainya kritis. Jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari :'(
Itu aja ah. Baru semester 3 ke semester 4 sih. Jadi masih pemula hehe. Ntar gw sharing2 lagi deh. Semoga bermanfaat :D

5 talks:

Ucing! said...

Haaaah kakak makasih ya udah ngepost ini. Alhamdulillah udah ada SP. Kak, tahun ini TPB khusus E2, E3, E4 udah dapet pikel sama ksdah susah ga? Semester 3 serem kah? hadoh...

Mawardah Hanifiyani said...

uhooo sama - sama :)
iya sp udah ada, tapiiii berhubung masih baru jadi cuma baru ada dasar kebijakan.

kshe kan ya? hm hm kalau pas di gw sih pikel itu beda2 cing tergantun jurusan. makanya kalau mau liat soal2 tahun lalu periksa departemennya, slide juga. jangan kaya gw karena gak tau, gw malah belajar soal pikel thh hehe, akhirnya pas ngerjain uts bengong doang. Kalau kshe kayaknya lebih ke konservasi. kalau gw lebih ke hutan masyarakatnya. thh lebih ke produksi gitu. Lumayan kok gak susah asal pandai berpendapat aja

kalau ksdah, buat gw sih standar aja. alhamdulilah nilai sih baik. Soal buat ksdah tergantung dosen. Kalau ada 3 dosen yang ngajar di satu periode (di periode uas misalnya) nanti bakal ada 3 tipe soal juga. bocoran deh, kalau bu Lin seneng ngasih soal teka teki silang begitu. Kalau pak burhanudin sukanya bikin esay cuma dikit sih paling3 soal. ada banyak lagi dosen cing.

dan karena ksdah itu materinya kshe jadi banyak tugas. dari senior gw selalu dikasih tau kalau dosen kshe sangat hobi memberi tugas tambahan. gak susah, tapi ribet aja. terus rajin2 catet omongan dosen apa yaa. bukan yg di slide, tapi yg dia omongin

semester 3 itu buat kshe padet. kayanya ada 27 sks dulu. yang ip nya bagus sih enak bisa ambil 25 sks. tapi kalo gak bisa jangan maksain. hehe. buat materi gw gak bisa bilang gampang ato susah, soalnya gak ngerasain. yang gw tau banyak apalan nama latin, dan tugas2. apalagi RAE, katanya. pinter bagi waktu aja, ada ospek soalnya. ada diklat kp juga lagi hehe

dibawa santai aja hehe. di fahutan kita sama2 belajar kok, semuanya :D

Ucing! said...

Whoaaa.... :O 27 sks? oke sip kak, kayaknya emang penting ya nyatet, udah 2 orang yang ngomong gitu (termasuk kakak hehe). Haduh kak terima kasih banyak sekali banget *hiperkorekdetected* :D

hikari said...

Alhamdulillah kak makasih banyak infonya,hari ini hari terakhir ngisi minor dan saya masih galau =_= tapi tadi udah milih SC..paling nyomot-nyomot aja nanti...dtunggu sharing-sharingnya lagi ya kak, insyaAllah bermanfaat..
sy MNH juga =D (meski merasa nyasar sebetulnya,saya gak sukaaa ama mate dan ekum kak,musuh besar banget)

Mawardah Hanifiyani said...

YEEEEE~~ ketemu sama anak mnh jugaaaaa. Selamat datang :D

seneng deh kalau bermanfaat hehe.Iyooa nantikan saja update nya. cuma kuliah padat merayap dengan laporan jadi gak bisa update deh. hehe

ah ekum ama mate mah cover doang. gak terlalu ngaruh di mnh nya mah. cuma memang prasyarat. seru kok di mnh. bakso bang galau juga enak hahaha