The Begining - Revolusi Matahari

Malem semua, atau mungkin bisa dibilang selamat pagi? Di jam gw sekarang jam 00:51 tanggal 1 Januari 2014 tapi entah kapan ini tulisan bakal gw publish. hehe. Seperti biasa gw maish melek jam segini, gw lagi ketagihan belajar sebenernya jadi yah belum bisa tidur.

Selamat tahun baru! Atau mungkin lebih tepat gw ucapkan, selamat kepada saudara bumi kita tercinta yang dengan jerih payahnya telah kembali lagi ke posisinya semula dan tengah bersiap untuk kembali berputar~! Yuhuuu semangat buat bumi! 

Sekarang di rumah gw berubah jadi medan perang. Mengerikan. Jadi begini ceritanya, awalnya gw lagi nonton kamen rider wizard sambil belajar. Terus ada suara dan cahaya yang menakjubkan dari jendela kamar gw. Dan yup ini malam 'pergantian tahun' masehi. Awalnya gw masih menikmati keindahan kembang api di langit, tapi lama - lama kok jadi mengerikan ya. Semakin mendekati jam 00:00 suara kembang api makin bersaut - saut, udah kayak suara meriam yang bikin gak betah lagi ya itu bau mesiunya. Komplek rumah gw tiba - tiba diselimuti kabut asap. Gw sih gak peduli awalnya, sampai gw liat kelelawar terbang dia muter - muter. Jujur gw takut dia masuk kamar, jadi gw nyalain lampu. Trus gw inget kelelawar kan buta dan cuma ngandelin telinganya dan gw jadi mikir 'ahh mungkin dia panik gara - gara kembang api'. Mungkin ini penilaian pribadi, yah gw gak bisa ngobrol sama kelelawar sih, tapi yang jelas kelelawar itu keliatan panik. Dia cuma terbang muter - muter doang, pergi bentar terus balik lagi dan muter - muter lagi. Yah mau gimana lagi, jujur gw akuin gw suka kembang api, tapi kembang api tahun ini memang gak terlalu terkontrol. Suaranya kayak bogor mau hujan deres banget, terus hujan angin dan ada gemuruh petir, bahkan suaranya lebih parah dari itu. Gw yang melek sih gak masalah, tapi kalo dipikir - pikir lagi gw jadi kasian sama kelelawar tadi. Bukan cuma kelelawar sih bahkan kucing yang kayaknya bersarang di atap rumah juga ketakutan. Dari tadi berisik dia, ngegeram pula gak ngeong kayak biasanya. Untungnya 'pergantian tahun' cuma sekali setiap 365 hari. Kalau setiap hari gw jadi kasian sama hewan malem. Buat yang biasa begadang pasti tau lah sesepi apa suasana malem hari. Buat manusia malem itu waktu istirahat, tapi buat beberapa makhluk lain, kayak hewan misalnya malem itu waktunya beraktivitas. Udahlah gak usah buat yang aneh - aneh. Kita -termasuk gw- udah cukup serakah menjarah siang. Menciptakan kebisingan dengan aktivitas yang kita lakukan. Bahkan gak jarang aktivitas itu bukan cuma menciptakan kebisingan, tetapi juga menciptakan kerusakan yang akibatnya dirasakan di generasi mendatang.

Ngerayain boleh tapi jangan berlebihan. Ah dan satu lagi, tiba - tiba gw bertanya kenapa kita harus ngerayain tahun baru ya? Tahun baru itu sebenernya alat bantu manusia dalam mengukur waktu bukan? Setau gw ada dua penanggalan di dunia ini penanggalan berdasarkan bulan yang dianut sebagian besar muslim dan penanggalan berdasarkan matahari yang biasa kita sebut tahun baru masehi. Kalo dipikir - pikir kalo mau ngerayain kenapa gak dua - duanya aja yang dirayain ya? aneh ah. Emang sih caranya beda. Tapi tahun baru masehi kan berdasarkan matahari ya, artinya penanggalan didasarkan revolusi bumi terhadap matahari. Dan setiap 365 hari bumi yang kita injak bakal kembali ke tempat yang sama setelah berputar di berbagai posisi matahari. Gw gak ngerti hubungannya revolusi bumi ini sama kembang api di sebelah mana, apalagi sama terompet. Jadi ngerayain tahun baru gak harus kembang api dan terompet kan? Ngerayain dan gak ngerayain pun sama aja. Hahaha. Cuma yah gw rasa berdoa gak akan pernah salah. Anggap aja kita bersyukur karena bumi sudah kembali lagi ke posisi start untuk kembali memutari matahari. Tentunya patut disyukuri bukan bahwa selama dia berputar hingga kembali ke posisi semula kita semua telah diberi berbagai kemudahan. Yah walaupun gw rasa, bersyukur atas hidup gak harus cuma karena revolusi bumi, bahkan pergerakan rotasi bumi tiap harinya, dan pergerakan jam tiap detiknya dalam hidup kita patut disyukuri bukan?

Dan yah bumi kembali ke trek awalnya, dan mereka menyebut ini tahun baru, tahun 2014. Mungkin selama pergerakan bumi lalu banyak dari kita yang lupa arah salah jalan atau menyerah dalam keterpurukan. Well, gak masalah, bumi aja bisa kembali ke trek awal setelah berputar sedemikian jauhnya, masa kita gak. 'Mau bersabar atau mengeluh kita tidak akan bisa lari' QS Ibrahim, ayatnya gw lupa hehe. Ya jalanin aja, tapi inget tahun baru bukan segalanya. Toh itu cuma alat yang diciptakan manusia agar mereka mampu menghitung waktu. Meributkan masalah ini gak bikin masalah selesai, yang penting kita tau ini cuma alat dan gak perlu bergantung padanya. Hahaha.

Dan karena kita udah ada di posisi start yang baru, mungkin sebaiknya gw ngeganti resolusi 2013 gw kali ya hmm. Banyak hal yang terjadi, tapi banyak juga yang gak kejadian. Yup, semangat lagi buat tahun ini. Mungkin mulai tahun depan gw bakal ngerayain tahun baru dua kali karena kalau sekali terlihat gak adil. Hehe. Jaa nee~ ngantuk.

0 talks: