Pengalaman Akhir Tahun

Sedikit sharing soal kegiatan gw beberapa hari terakhir ini. Resolusi 2014 ini keliatannya gw bakal nyari tau caranya pergi ke Jepang. Berhubung momennya tepat dan disuruh jadilah gw memmutuskan untuk membuat pasor hari jumat lalu. Berhubung gw orang sibuk (kuliah dan praktikum) gw memutuskan daftar via online, lumayan mangkas birokrasi. Pendaftaran online ini bukan hal baru lagi di kantor imigrasi, buat yang gak mau ribet kaya gw, bisa dicoba pake metode ini. Jadi apa aja yang harus dilakukan dan diurus, haha baca aja buat yang mau dan gw sedikit curhat di postingannya hehe.

1. Buka web kantor imigrasi.
  Cari aja di google, kantor imigrasi daftar online atau bisa klik di sini. Nah di sinii kita pilih yang pra permohonan personal. Untuk lebih jelasnya bisa juga liat di web kantor imigrasi di layanan publik di situ jelas tahap yang harus dipilih.

2. Isi Data
  Setelah web di buka tinggal isi datanya aja. Inget buat paspor kalian pilih yang 48H-perorangan. Nah 48-H itu paspor perseorangan alias paspor normal buat jalan - jalan atau apalah. Kalau 24-H itu buat TKI. Ada beberapa halaman yang harus diisi. Yang agak ribet paling yang upload data KTP, Akta Kelahiran/ijazah, sama Kartu keluarga. Kenapa ribet? Karena foto harus dalam bentuk hitam putih alias fotokopian. Jadi yang scan-nya berwarna di grayscale in dulu yaa. Setelah data keiisi lengkap tinggal pilih mau dateng ke kantor mana, dan tanggal berapa. Kalo gw milih di kamtor imigrasi bogor, pas di sebrangnya warung steak. Itu loh yang deket air mancur. Setelah milih maka proses selesai, jangan lupa di download PDF tanda terima pra perrmohonan. Di file PDF itu ada dua halaman yang didapet nanti lembar buat petugas, sama lembar pemohon/bank. Dan selesai sudah registrasi awal.

3. Pembayaran
   Nah jangan lupa bayar ya sebelum ke sana. Masalahnya di kantor bogor udah gak nerima daftar manual kayaknya jadi harus bayar di teler bank. Bank yang bisa digunakan untuk membayar itu cuma di kantor BNI konvensial ya. Waktu itu gw pernah ke BNI syariah sayangnya kata bapak satpam BNI Syariah Belum bisa melayani pembayaran paspor ini. Jangan lupa juga tanda terima pra permohonan tadi di print buat bayar di bank kita butuh lembar ini. Soalnya di lembar ini ada billing bank nya. Pembayaran nya sebesar Rp 255.000,- dan dikenai biaya bank Rp 5.000,-. Jadi kita bayar Rp 260.000,-. Setelah menerima bukti pembayaran dari petugas bank selesai sudah. Tinggal nunggu waktu ke kantor imigrasi aja. Inget ya harus fix bener kalau mau bayar. Karena kedatangan ke kantor lebih dari 7 hari waktu yang dipilih atau yang tertera di lembar pra permohonan bakal bikin uang hangus. Artinya harus ngurus ulang lagi dan bayar lagi.

4. Ke kantor Imigrasi
    Datanglah ke kantor imigrasi pada tanggal yang sudah dipilih sebelumnya.Walaupun di sana tertera buka jam 8 tapi ada baiknya datang setengah sampai satu jam sebelumnya. Waktu itu aja ternyata bukanya jam setengah 8 bukan jam 8. Mungkin ada yang denger kabar kalau ngantrinya harus dari jam 6-an. Buat kalian yang daftar online, gak perlu ikut dateng pagi. Cukup dateng jam setengah 8 kalau bisa kurang, karena yang daftar onlen gak akan dapet nomor antrian kalau belum di validasi. Walaupun terlihat ribet ini lebih mending, kalau daftar manual kita harus masukin berkas dulu baru habis itu hari berikutnya dateng lagi buat foto dan wawancara dan yang membutuhkan waktu sekitar 3 hari buat bolak - balik ke sana. Buat yang daftar online langsung ke tahap foto dan wawancara aja jadi cukup dateng dua kali. Satu kali buat foto dan wawancara, dan satu kali lagi buat ngambil. Setidaknya bisa memangkas birokrasi. Lagian ngantrinya itu loh aduhai dari jam 6 pagi bisa daik darah gw kalau berkali - kali ke sana, mana di limit 150 orang/ hari pula.

Lanjut, jam setengah 8 stand by tuh di depan pintu, dan langsung ke kanan ke pusat informasi buat ambil map sama diperisa kelengkapan dokumennya. Fotokopi, berkas asli, bukti pembayaran, dan lembar pra permohonan. Dicap juga kalau yang via onlen. Saran gw jangan mau kalah! Berhubung antrinya pabalieut kalau gak gesit ya udah dah belakangan. Di sini hukum rimba berlaku, siapa cepat di dapoat, bahkan kalau perlu nyerobot sekalipun. Berhubung gw anti nyerobot dan gw udah dateng dari jam setengah 6 pagi, ya gw langsung lari ke meja informasi begitu pintu dibuka. Daripada lu tengsin udah dariupagi tapi belakangan karena diserobot hahaha. Kan yang penting gw gak nyerobot cuma gesit :p. 

Nah dari situ langsung taro aja di loket 6 buat validasi, tunggu nama kita dipanggil. Ini nih tahap paling lama. Udah divalidasi baru kita boleh ambil nomor antrian, dateng aja ke satpamnya ntar jugfa di kasih. Nah nomor antrian ini lah nomor buat foto. Waktu itu gw dari jam 8-an lah masukin berkas ke loket 6, jam 10 dipanggil buat ambil antrian alias validasi selesai. Jam 11 gw baru masuk buat foto dan wawancara. Karena ini sangat membosankan, gw sarankan ajak temen atau bawa buku, bawa laptop kalo perlu. huhu.

Masuk kita foto dulu di loket 11. Nanti kalau nomor kita udah dipanggil kita di suruh masuk ke ruangan buat foto dan wawancara. Pastiin pakai baju rapih dan kece ya, haha bahkan sandal pun gak boleh loh. Selesai foto kita tunggu dipanggil wawancara, bentar kok jaraknya. Nah buat wawancara jangan lupa bawa berkas aslinya. Ntar juga bakal ditanyain paspornya buat apa. Gw sih bilang buat lomba dan butuh bulan januari. Haha. Setengah bener sih. Karena kalau buat jalan - jalan aja, dia pasti balik nannya biasanya kemana jadi sama aja kan toh gak ngaruh, tapi kata ibu - ibu yang gw ajak ngobrol kalau ke beberapa negara kayak ke Jepang bakal ditanya detail. Entahlah, belum ke sana sih haha. Setelah semua selesai nanti bapaknya bakal ngasih kita berkas dan tanggal buat pengambilan paspor. Waktu itu gw dapet tanggal 2 Januari 2014 jam 1 siang, jarak seminggu dari ngurus berarti. Nah selesailah sudah perjuangan tahap 1 buat yang onlen~~

5. Pengambilan paspor
   Buat ngambil selow aja gw juga cuma pake sandal. Gw lagi sakit gigi jadi gw memutuskan jalan dari kantor imigrasi ke warung jambu pas pulang. Daripada muter ke bogor lebih nyiksa haha. Nah pas dateng langsung ke loket 6 (Lagi) nah di loket 6 masukin dah lembar yang waktu itu dikasih pas wawancara. Eh iya jangan lupa dibawa yak berarti itu berkas. Nanti petugas bakal nyariin, gak perlu ngambil nomor antrian kok. Tunggu aja sampai dipanggil. Gw sih waktu itu gak sampe 30 menit, cepet ngambil mah, dan gak perlu bayar lagi. Tinggal tanda tangan dan pastiin data biodata di paspor kita bener daaaan silahkan kembali lagi 5 tahun mendatang~~

Nah itu pengalaman gw kemarin ngurus paspor, sisanya tinggal TOEFL yeaaah~! semoga tahun depan bisa dapet rezeki buat bikin TOEFL. Udah semester akhir sih hehe, sayang tawaran banyak kalo dilewatin. Walaupun belum tentu bisa, mempersiapkan boleh kan? *pengalaman dapet tawaran tapi gak punya berkas T_T.

Tips dan Trik buat Onliner's Bogor
  1. Kenapa online? Yang jelas dengan online lu cukup waktu setengah hari aja buat bikin paspor. Dan seminggu kemudian buat ngambil dan itu gak nyampe satu jam. Kalau manual kan perlu sampai dua hari ngurus plus satu hari buat ngambil lagi. Hari pertama antri masukin berkas ntar dapet berkas tanggal untuk kembali, nanti ditanggal yang dikasih antri lagi buat foto dan wawancara, ntar dikasih tanggal lagi buat ngambil. Repot, kalau gak sesuai jadwal kan berabe, kalau bentrok sama kerja atau praktikum maksudnya. Seenggak nya gak perlu bolak - balik lama - lama apalagi yang gak punya banyak waktu kosong.
  2. Kalau yang manual harus antri dari jam 5-setengah 6 pagi buat dapet antrian dan biar gak kehabisan kuota. Buat yang online, selow aja cukup dateng setengah jam sebelum buka, buat siap - siap di depan pintu. Gak mau juga gak apa - apa sih hehe. Dan inget biasanya bukanya gak selalu jam 8. Waktu itu gw bukanya jam setengah 8. Tenang udah kebagian jatah kok kalau yang online. Kalau agak siangan gw gak tau, yah jaga - jaga dateng jm 8-an aja lah. Kenapa? Karena buat onliner's data harus divalidasi dahulu, jadi baru bisa ambil antrian setelah divalidasi. Gak akan kehabisan kuota kok, cuma jangan terlalu siang karena kantor tutup jam 11. Seenggaknya gak perlu nungguin satpam bangun kayak yang manual kan. Hehehe *pemalas.
  3. Buat pilihan kanwil gw rasa udah jelas. Cuma buat tanggal, periksa dulu aja. Kalau hari biasa sih gw yakin ada, tapi kalau jadwal cuti bersama cek aja dulu. Tadinya gw mau daftar tanggal 26 Desember, lumayan lagi libur dan emang bisa dipilih. tapi berhubung gw browsing di internet dan baca kalau ada surat keputusan tiga menteri kalau tanggal 26 itu libur gw jadi ragu dan memutuskan mengambil tanggak 27 saja. Ternyata bener ada kesalahan jaringan kata bapak petugasnya. Tanggal 26 itu memang libur ternyata, banyak berkas yang salah milih gw liat.
  4. Banyak - banyak sabar. Dan harus gesit. Haha. Gw gak pernah liat orang antri seberingas di kantor imigrasi (untuk level pns loh) hahaha. Semoga sistem antrinya diperbaiki. Sampe ada yang sewot - sewotan coba waktu itu gara - gara antri -___-

0 talks: