Ecological Social Mapping -- Behind story

Wuau rasanya kehidupan ini menjadi benar - benar sibuk belakangan ini. Yah kesibukannya sih udah teredam saat ini. Gak ada lagi kegiatan. Lebih tepatnya sulit buat nyari sela, kecuali dengan alasan tertentu yang kepepet banget. Haa~ rasanya di rumah setelah ngebolang dan penuh kekisruhan itu, boseeennnn banget. Jadi daripada bosen mending ibadah aja deh, mumpung bulan puasa. Ibadahnya nulis blog ya. Haha. Kan berbagi pengetahuan juga salah satu amalan baik :p #ngeles.
Foto setelah pelepasan bersama bapak dekan, pak Bambang; perwakilan dosen MNH
pak Prianto; dan perwakilan HPGW Pak Tatang

Kemaren gw baru aja nyelesaiin tahap 1 pengambilan data ESM. Untuk tahun ini fokus utamanya adalah potensi kayu bakar yang dapat dimanfaatkan warga sama pemanfaatan air di kawasan HPGW. Buat gw yang rada - rada belet, tema ini kok rodo berat ya. Gak berat ding, lebih tepatnya gw kagak ngarti. Mungkin buat angkatan 46 udah lebih ngerti dan lebih banyak pemahamannya soal ini. Kayu bakar apalagi DAS aja gw belum belajar haha. Jadi kuli - kuli boleh lah yaa.

Kalau ditanya apa yang paling berkesan dari kegiatan kayak gini itu adalah pengetahuannya. Banyak hal baru yang diajarin senior lu ke lu. Apalagi hal - hal yang ga kita tau ataupun yang belum diajarin. Semisal ngitung kayu pake staple meter, ngitung debit, kejernihan, maupun pH air, ditambah pengambilan data sosek yang akhrnya maksa gw buat wawancara ke masyarakat. Ahhhh, itu dia yang paling ngebete in. WAWANCARA. Gw sih suka aja, asal data dari gw, gw yang nentuin mau bahas apa, tema ditentuin sih gak apa - apa, tapi gimana caranya ya suka - suka gw. Gw udah biasa dengan pola kaya gitu, cuma dapet tema doang. Eh ini tiba - tiba dikasih kuisioner, dan disuruh gak pake sistem ngisi, alias natural. Idihhhh susah siah. Kagak mau dah gw ambil skripsi sosek, makasih banget.
mencari kayu bakar pada plot yang telah ditentukan

penghitungan jumlah kayu bakar menggunakan staple meter

Kalau perencanaan sama pemanfaatan itu digabung. Awalnya kita disuruh nyari titik PUP atau PUS pake GPS. Gw kebagian PUS 81 sama PUP 88 sama kelompok keluarga cemara, dengan bundo = kak riri, ayah = cahya, anak ke-1 = Kak Tri, anak ke- 2= Kak Laysa, anak bungsu= gw :3. Akhirnya jadi juga gw anak bungsu. Hahahaha. Eh ini apa lagi gaje malem - malem gw. Jadi setelah udah sampe di titik, kita ngemarking ulang, gak lupa di average dulu sampe 100s. Udahannya kita buat plot lingkaran seluas 0,1 ha, atau dengan jari - jari 17,8 m. Yang pegang tali di titik pusat gw, dan yang nerobos ya kak Tri, sisanya mulai ngumpulin kayu bakar. Awalnya kita rempong, bingung kayu bakar yang kayak gimana. Masalahnya kita tidak ternaungi tegaan apapun, paling adanya Jati. Padahal jati itu kan gak cocok ditanam di dataran tinggi jadi aja hasil kayu nya kopong. Tapi untung ada sang ayah, yang dengan rajinnya mengumpulkan kayu bakar, dan voila ternyata banyak. Cahya emang jago buat nyari kayu. Dan begitu seterusnya dilakukan hal yang sama pada PUP 88. Bedanya pohon pusat PUP harus di marking. Sambil nyari kayu gw banyak kepo soal PS. Jadi gw ngambil apa yaa~~ haha
menghitung debit dari rembesan, karena deras dipake  per 20 s

Endapan karat atau cipeurey

pemanfaatan air oleh warga, sayang airnya kering

Penghitungan volume air

Menghitung pH air

Tingkat kejernihan endapan karat, 947 dari skala 0-1000

Mengukur tingkat kejernihan air

Hari terakhir, hari paling rodo banyak juga aktivitasnya. Hidrologi! Mana gw dapet sungai yang lumayan jauh pula. Haha. Untung aja ketuanya kak Hastuti jadi aman lah. Setelah nemu sungai kita nyusurin sampe hilirnya, dan ternyata hlirnya di TVRI. Alamak jauh nian, untung lagi kering jadi kita ngitung debitnya dari air rembesan aja. Kalau kagak, bisa guling - guling di jalan gw. Haha. Udah sampe hilir kita balik lagi nyusurin sampe perbatasan, dan lagi - lagi kering brodah. Ada sih pemanfaatannya. Buktinya ada paralon di situ, tapi emang lagi musim kering jadi kagak bisa diukur. Boro air masuk paralon, ada aja udah syukur. Nyampe ke mess kita mulai disibukkan ngukur volume buat debit, tingkat kejernihan, sampe pH. Dan kelompok gw waktu itu bawa sample air endapan karat yang menurut bahasa sundanya Cipeurey, yang jijik banget bentukannya. Dan tingkat kejernihannya adalah 947 dalam skala 0-1000. Wuihiwwww. Ada yang lebih aneh sih. Si buntang disuruh bawa contoh air dia malah bawa cacing planaria sama kecebong yang dikasih nama 'cebs'.

Sebenernya yang paling seru adalah udahannya. Setelah kak putri kusak - kusuk tetangga, kita bersepakat jailin kak Habibi. Dan 'Byuuuuurrr' semua sample air yang udah  di cek lalala nya (termasuk endapan karat menjijikan itu) disiram ke kak Habibi. Mantaaaaappp. Gak lupa yang baru ualng tahun alias ibu negara alias Fitha juga turut kena korbah. Hahaha. Dan dengan konyolnya di tengah perploncoan itu kak Endita jatuh. Pake acara salto dulu pula. Bukan ditolongin si Hae malah ngomong "Tuh kan kak endi, mentang - mentang anak MR akting mulu deh". *errr okay -______-

Kak Khabibi, ketua kita, ingatt kak hari pembalasan itu ada haha

Fitha yang baru ulang tahun juga kena~

Berusaha melepaskan diri? tenang aja pasti gagal

Malemnya, malem penutupan kita main bareng. Seru - seruan kayak ngambil undian. Yang konyol itu pas kak Bundo di gombalin sama kak Christon. Kak Arum yang disuruh nyanyi lagu balonku ada 5 pake bahasa jawa juga mantep haha. Sumpah mirip Gacat. Kak Bundo yang suruh video klip lagu bareng kak BF juga konyol. Hahaha kocak dah. Malem makin larut, anak - anak pun bubar. Gw sih lagi ngedit video buat ESM bareng tim PDD. Tiba - tiba kak BF duduk depan gw dan kedap - kedip konyol, kayak oarang gila. Mampus. Gw ngakak sumpah. Mana gak berhenti pula. Sampe akhirnya gw ngomong 'ampun - ampun, udahan ge', baru bubar. Ruapanya mereka lagi main truth or brave. -_____-.

Dan akhirnya hari kepulangan tiba. Gw, kak Laysa, mba Dian, Mba wulan, Boentang, Hae, Fitha, kak BF, sama Afdhal naik angkot yang plaing pertama dateng. Alesannya? Kita mau beli mochi. Hahaha. Untung aja, soalnya angkot setelah kita gak pada dateng. Mochi menyelamatkan hidup kita. Hidup mochi! dan selama di perjalanan kita main games pembodohan. Makasih buat kak BF yang murah hati mau memperbodoh kami dengan soal - solanya. Hahaha. Aniwei gw jadi dapet bahan buat ngisengin para rakyat jelata pas kongkow - kongkow SR nanti yang entah kapan. Hahaha.



Foto pelepasan bersama pihak HPGW
Terima kasih atas jamuannya :D

0 talks: