Segenggam Kisah -- Cagar Alam Pantai Pangandaran

--When I saw you
Awalnya gw ngerasa zong terdampar di dunia lain pas ketemu anak kelompok gw, kelompok 3A - 2, Jalur Cagar Alam Pangandaran - Gunung Sawal. Ada Tiwi yang merupakan delegasi IFSA ke Turki, terus Dimaz yang dieeeeemm aja, ada Mulyadi anak ibad yang nyeremin, Aruni yang cuek, dan Okta yang mukanya juetek abis. Ada juga Rama sama Dita, tapi mereka kan udah gw kenal, apalagi Dita temen sebangku gw waktu SMP. Waktu pembekalan gw rodo ngerasa rame dan heboh sendiri sementara yang lain diem aja. Hahaha. Agak gelisah juga sih bakalan gimana nanti di lapang. Penasaran gimana nanti P2Eh nya. Tapi kata orang jalanin aja dulu. Manusia di alam itu terkadang punya wajah yang berbeda.
Nguji tanah, masih kaku gitu dah. haha

--Day 1
Hari pertama, nge-Anveg hutan dataran rendah. Sesuai pembagian tugas gw disuruh ngurusin tanah sama Mulyadi. Gw bingung harus bersikap kaya apa. Maklum dengan sikap gw yang slengean begini gw bingung ngadepin orang, takut dianggap kasar. Gw pernah sih ikut dkm dan cukup dipercaya dulu jadi gw cukup tau lah batas-batas berteman dengan lawan jenis. Walaupun gw udah mikir macem - macem, ternyata Mulyadi gak kaya gw bayangin. Koplak banget ternyata malah. Dia punya ketawa yang unik. Lucu aja ngeliatnya. Berasa liat si Gori. Gw dan Mul yang cuma ngurus tanah beres dengan cepat. Akhirnya gw sama Mul bantuin Rama dan Aruni bikin profil hutan. Gw yang nge-nembak kompas, Mul yang ngukur2 jaraknya. Sementara itu Tiwi masih anteng dengan Pancang nya. Dita dan Dimaz juga anteng ngukurin tiang. Dan Okta yang paling anteng ngukur suhu, biota tanah, sama semai di petak mungilnya itu. Selesainya gw, rama, mul langsung nyusurin pantai. Gw sama rama hunting foto, si mul nyari kumang di pinggir pantai (-_____-). Setelah ber haha -hihi ria di pinggir pantai, serta foto - foto bareng Fitha, Septi, Gacat dan memperoleh luka robek di lutut akibat jatuh di karang kita pun balik. Dan gak lupa foto kelompok dan juga jadi kurir foto. Haha

Sore nya kita pun mencicipi angin sejuk dari tempat wisata pangandaran. Mengirup udara asin yang tercipta. Buat gw ini soal foto. Gw nyari foto yang seru. Tapi buat Gacat ini semua soal kolor buat Novan. Dan dia pun nyari kolor couple-an sama Novan.
Habis Praktikum menuju kepulangan
Aruni sama Kasaya mau banana boat
Es kelapa pinggir pantai
--Day 2
Dan sekarang nge-anveg hutan Pantai. Hutan pantai ada di daerah pantai Barat. Pasirnya mungkin gak putih, lebih tepat disebut ceceran kerang dan karang putih. Pas kita dateng masih pasang dan tinggi, maklum bulan purnama bentar lagi waktu itu. Mulyadi langsung ngedeketin bibir pantai, Tiwi juga sama. Kita langsung heboh neriakin si Mul "Awas astrini maraaahhh". Haha. Kali ini gw anveg tiang bareng Tiwi, dan banyaaakkk banget jadi gw sebel. Udahannya kita langsung nyemplung ke pantai yang udah surut. Foto - foto dan ngubur advent. Pas lagi main air, eh tau - tau lelaki pada heboh "uler laut! uler laut" terus pada lari - larian gitu. Pas denger langsung gw nyamperin. Si Mul, Bayu langsung ngodok karang, terus gw liat ada uler putih item gitu, kaya erabu, tapi sayang gak sempet di foto.

Sorenya kita balik lagi ke "bara" nya Pangandaran. Yang jelas kita makan bakso lagi untuk kedua kali nya, tapi kita tidak sendirian kali ini. Haha. Soalnya ada Dimaz, Andri, sama Indra yang lagi belanja. Kita ajak mereka ke tukang baso Acip yang seporsi nya 20ribu. Anehnya biarpun kita banyakan rasanya balik ke wisma d kawasan cagar alam kali ini berasa horor. Memang wajar sih soalnya untuk mencapai wisma tempat menginap kitaharus melintasi hutan di kanan kiri jalan dan ga ada penerangan. Ditambah dengan pemandangan bulan oranye yang dihiasi awan yang malu - malu di langit. Jadi berasa horor.
Selamat jalan advent
Para pencuri kapal, haha
Baso acip, baso 20rebu
--Day 3
Ini dia hari yang ditunggu! Jalan - jalan ke Green Canyon #ehhh. Salah maksudnya anveg hutan mangrove di Batu Karas naik truk kayak sapi. Haha. Salah lagi. Lumayan sih, cuma emang tanaman mangrove nya masih kecil, dan pas nganveg kita masih kena pasang setinggi lutut, mana luka robek gw masih basa pula kan. Tapi bagus juga sih jadinya tajuk nya masih kecil dan gak rempong.

Nah udahannya kita langsung ke green canyon. Ini dia yang ditunggu - tunggu, Menjelajahi Green Canyon! Kita ke sana naik truk, sedih liat kiri kanan isi parkiran bus, kalo gak mobil, laa kita? truk. Udah kaya sapi. Haha. Gw se-kapal sama Okta, Tiwi, rahmi, Ajrin, dan Ella. Rahmi seperti biasa asik foto - foto sana sini. Maklum ibu KP ekowisata. Setelah sampe kita langsung berenang, padahal gw gak bisa. Dan sumpah arusnya kenceng, susah banget gw maju nya, mana si gacat narik - narik celana gw dan anak2 nyamperin gw minta di foto. Pas lagi berenang gw seneng aja ngetawain bang rinal yang berenangnya kaya gak maju - maju. Kocak sumpah. Atau om Surya (red: Aji) yang sok - sokan lompat dari batu yg tingginya paling semeter dari atas air. Pas di jalan kita liat ada yang body rafting, Kita sok - sokan ngikut mereka body rafting tanpa pengaman. Haha. Yang penting gratisss, toh sama aja. Pas arus mulai mereda gw liat anak2 pada naik ke batu. Ternyata mereka mau loncat. Gw ikutan naik pas diajak puspa. Dan ternyata itu 10 meter pantes tinggi. Gw jiper juga, tapi kalau turun gw malu aja. Haha. Toh yang lain bisa kenapa gw gak. Dan 'byuur' sensanyi itu loh mantap sekali. Dan om aji kocak banget. Doi naik paling awal pas di atas "sob duluan sob" "ayo sob semangat" dan alhasil dia loncat belakangan haha. Adventa aja bisa kok haha. Dan sejak itu lah fika alias kincot dipanggil gacat, gak wani loncat.
Hutan magrove, 3A-2 Joss!
Pantai Batu Karas
Pemberangkatan Green Canyon
Asli nya ini kebawa arus
--Day 4
Sebenernya hari ini disediain buat ngerapihin data, tapi buat gw, Gacat, Septi, dan Fitha. Ini hari buat jalan - jalan. Rencananya siang kita bakal caving dan sorenya naik sepeda. Rute caving dimulai dari goa rengganis, lanjut ke gua parat, gua keramat, dan gua sumur mudal. Pas di gua mudal yang terakhir kita keluar lewat pintu satunya, dan jeng jeng kita terdampar di tepi huta. Langsung GPS, Kompas, dan nalar beraksi. Kita nyari jalan sendiri ke jalan setapak menuju wisma. Seru deh, jadi kayak aplikasi teknik navigasi. hahaha. Aniwei. Gw selalu suka caving, selalu ada yang menarik pada dinding gua yang hening dan dingin. Dan gw selalu ngerasa di situlah eksotisme gua. Gak tersentuh namun anggun dan dingin.

Sorenya seperti yang dijanjikan kita pergi sepedaan, wkatu menunjukkan jam 5 dengan duit 30rbu kita sepedaan selama satu jam. Awalnya rusuh, soalnya naik sepeda nyambung 4 itu gak gampang. Setelah mulai terbiasa kita pun jalan - jalan sambil nyariin inceran belanjaan ataupun oleh - oleh. Dan gak lupa menikmati sun set! Serta melihat kegigihan para nelayan menurunkan kapal - kapal mereka untuk bertualang. Hari beranjak dan malam gantikan tempatnya. Gw sama septi solat sementara Gacat dan Fitha ngegalau di pinggrir pantai. Udahannya gw laper dan gw pun beli kerak telor sementara yang lain beli bakso. Gw bosen bakso terus soalnya. Dan begitu sampe wisma anak - anak ternyata lagi bakar - bakar. Dan kita kelewat momen bakar - bakar. Yang gw tau cuma rama yang kesakitan nginjek arang. Doi kesel soalnya kalah pas main bola. Hukuman yang kalah adalah menjadi koki untuk bakar - bakar malam itu. Haha. Dan malam terakhir kita pun berakhir. Ditemani rusa yang terpancing wangi bakar - bakaran, ditemani bulan yang mengintip malu - malu.
Foto bersa bu nur :D
Gua Keramat alias gua parat
Ozi - andri - septi - Gacat - Fitha - indra
Tim Caver
Syarip - Rama - Andri - Ozi - Indra
Gw - Gacat - Fitha - Septi
menuju Sunset

--Day 5
Hari terakhir, hari pertukaran. Waktunya berangkat ke Gunung Sawal. Kita berangkat habis jumatan nunggu rombongan dari jalur sebaliknya, Sawal - Pangandaran. Mereka dateng dengan kucel. Kaki kotor, Muka cape, dan item. Khusus untuk arisek dia jadi sangaaaaat gosong. Entah apa yang dia lakukan.

Dan keberangkatan pun tiba. Gak akan ada lagi Macaca sinting yang ngejar - ngejar ngerbut makanan, yang berusaha gapai kenop pintu ruang kumpul, ketok - ketok pintu kamar cewek. Gak akan ada lagi teriakan histeris karena diserang macaca. Ataupun karena macaca kawin pas kita lagi makan. Landak putih yang dengan antengnya melintasi wisma. Lutung item yang pagi - pagi nyantel di pohon belakang wisma. Atau bang Rinal yang jail dan selalu kita bully.

Farewell Cagar Alam Pangandaran !!

Selamat tinggal Pangandaran dan segala eksotika nya, dan tunggu kami Gunung Sawal :D