CA Pangandaran - Gn. Sawal [Prologue]

Waaah nilai udah pada keluar dengan hasil yang fantastis -_____-. Ternyata departemen memang gak segampang TPB, dan gw benci huruf C dalam bentuk gabungan sekalipun. Aniwei, thanks God, maybe this is the best :D. Dan mungkin itu artinya gw harus ngebatalin niat gw buat ngambil pemanfaatan? Hahaha. Too soon for decided that yet.

Mungkin ini bakalan jadi hari terakhir gw pegang netbook sampai 12 hari ke depan. Besok kan harus siap - siap, boro mikirin bawa netbook, peeer paraaaah. Selama 11 hari mulai tanggal 1 Juli gw bakalan ngelakuin praktikum lapang, yaitu Praktek Pengenalan Ekosistem Hutan (P2EH). Kebetulan nih gw dapet jalur 3, CA Pangandaran - Gn. Sawal. Masih ada 4 jalur selain gw, mau tau apa aja?

  • Jalur 1, Sancang Timur - Gn. Papandayan
  • Jalur 2, Cilacap - Baturaden (BKPH Gn. Slamet Barat)
  • Jalur 3, CA Pangandaran - Gn. Sawal
  • Jalur 4, Sancang Barat - CA Kamojang
  • Jalur 5, KPH Indramayu - TNGC (Gn. Ciremai, Linggarjati)
Jujur gw sebenernya pengen nya di jalur 4, tapi apa daya pas ngambil undian dapetnya Pangandaran. Ya udahlah, toh pas gw cek pantai di Pangandaran bagian cagar alamnya cukup keren kok. Dan hasil tanya dan sikut kanan - kiri gw memutuskan gw WAJIB ke Green Canyon. Dan gara - gara itu gw muter otak buat ngesave duit sebaik - baiknya. Bahkan abang tukang di kosan gw bilang, wajib ke sana. Rencananya gw besok mau ngorek info lagi dari si bapakke yang baik hati itu.

Sebenernya sih ini bukan jalan - jalan, tapi praktikum. Dan gara - gara itu kemarin gw harus ikut kuliah tambahan sebagai pembekalan di lapang dari tanggal 25 - 28 Juni. Mana ada tes nya pula, dan gw gak bawa KSM huahahaha, yah bisa diaturlah itu. Secara garis besar, nanti kita bakalan disuruh ngamatin 6 formasi hutan, apa aja deh?
  • Hutan pantai
  • Hutan payau/ Hutan mangrove
  • Hutan dataran rendah
  • Hutan pegunungan bawah
  • Hutan pegunungan tengah
  • Hutan pegunungan atas

Nah makanya kita dibagi kedalam dua sub jalur, gunung - pantai dan pantai - gunung. Sama aja sih sebenernya. Well, gara - gara praktikum ini gw harus muter otak lagi buat nginget materi kuliah Pengantar Ilmu Tanah, sama Klimatologi. Dua pelajaran ampas itu harus gw pelajari ulang, apalagi PIT mana gw kagak ngarti lagi itu materi kuliah. Ya sudahlahhh~~

Berhubung liburan juga 3 bulan dan gw gak ada kerjaan. yah banyak sih sebenernya tanggal 21 - 25 Juli gw ada Ecological Social Mapping di Gn. walat, 17 - 26 Agustus gw juga mau ke Makassar. Bingung juga sih bagi waktunya, apalagi masih ada tanggungan organisasi, uyeee. Sibuk sih, tapi relaa bagi - bagi~~ Makanya gw males bangeeeet mikirin ini P2Eh anggep aja ini semua hanya ilusi, dan nyatanya ini jalan - jalan. Hahaha. Bisa dibilang ini kayak summercamp nya Fahutan. Hasikkan summercamp, biar gaya aja uouooooo. Tapi peer juga sih, soalnay ini perut lagi luancaaar banget pengeluarannya bisa 3x sehari udah kaya makan. Padahal makan aja gw gak 3x sehari #panteskurusan. Dan sekalian menjadi perjalanan melepas rasa galau buat gw haha. Gara - gara si bakso geblek ini deh, kagak tau apa orang galau, malah di doain yang aneh - aneh, tau deh yang lagi kasmaran mah -______-".


Buat perjalanan 1 sks, dimana hidup gw lagi digantung, jadi yaah nikmatin aja deh. Dan lagi - lagi pembagian kelompok. Setelah otak -atik sedemikian rupa, jadilah kami berdelapan anggota regu 3A-2. Dikit ya? Haha memang, gw juga sedih :'(, tapi banyak - banyak juga kaya mau tauran #lebay. Siapa saja orangnya? Nanti deh, kalau udah beres jalan.

Coming up next.. Pasir putih Pangandaran (amin~~)



2 talks:

Ucing! said...

selamat praktik kak. kak, berarti kalau sc ngambilnya klimatologi sama pit ya?

Mawardah Hanifiyani said...

iyaaa cingg, kalau mau nyoba aja ngambil sc itu. seru kok. cuma memang buat pit nilai rada - rada gimana gitu. gw waktu itu dapet bc hahaha. kalau klimatologi relatif, tapi buat gw sih gampang kok. hehe