SPITZ (スピッツ)

Uyee balik lagi dengan gw di sini. Sebenernya gw gak ngerencanain mau nulis soal band satu ini, tapi ternyata bagus jadi yah gw tulis ini aja dulu. Drama belakangan, dan aktor lain ntaran ya review nyaa~

And this is it! Spitz ( スピッツ) dari kiri ke kanan Tamura Akihiro (bass), Masamune Kusano (Vocal),  Tetsuya Miwa (gitarist), dan Tatsuo Sukiyama (drummer). :D
Hal yang bikin gw tertarik sama band satu ini adalah pas denger soundtrack nya Boku to Star No 99 Nichi yang dimainin Hidetoshi. Judulnya Time travel, walaupun arti lagunya terdengar kacau (piramid lah, spinx lah, cleopatra lah) gak tau kenapa gw suka sama suara vocalisnya. Beda aja, khas, unik juga. Dan mulailah pencarian gw soal si Spitz ini. Dan (lagi-lagi) gw menemukan fakta bahwa Spitz adalah penyanyi dari lagu yang pernah gw suka pas jaman SMP, judulnya Hachimitsu. Dulu gw masih anime freak, jadi gak terlalu pusing soal penyanyi,  ataupun aktor dibaliknya. Dan lagi - lagi pas gw cari tahu, Spitz ini adalah salah satu grup band senior, yang tahun ini akan merayakan anniversarinya yang ke 25 (tuh kan bener ini mah gw lahir di tahun yang salah).


Spitz (スピッツ) adalah sebuah grup band Jepang yang dibentuk pada tahun 1987. Berada di bawah naungan Polydor Records sebelum akhirnya pindah ke Universal Music Japan. Band ini sebnerarnya adalah band rock, tapi kalau baru pertama kali denger mungkin gak akan berpikiran begitu. Memang sih kalau denger lagu dari grup ini berasa denger lagu pop, tapi gak kok. Buat gw sih genre dari lagu - lagu spitz itu cukup unik. Gabungan antara rock sama pop, coba deh denger dengan seksama. Hal yang paling bikin grup ini terasa beda sama grup lain adalah karena mereka gak ngikut mainstrea. Tau sendiri kan, pas sekitar mau mausk 90-an aliran band, visual kei adalah yang lagi naik daun. Jadi band ini gak terlalu dilirik, tapi itu gak mengurangi kenyataan kalau band ini kereeen banget. 

Akibat dari lagu mereka yang gak biasa, single maupun album mereka gak pernah nembus peringkat 100 oricon pada awalnya. Tapi keunikan mereka akhirnya mampu membuat orang - orang mulai menaruh perhatiannya. Buktinya lagu mereka yang berjudul Sora mo Toberu Hazu berhasil menjebol peringkat 1 oricon charts. Begitu pula dengan lagu yang berjudul Stargazer (スターゲイザー ,Sutaageizaa) yang dirilis pada tahun 2003 juga berhasil menjebol oricon charts. Dan jujur ini salah satu lagu yang gw sukain. Asli enak lagunya. Selain itu banyak lagu lainnya yang mampu terjual jutaan hingga miliaran kopi, seperti Cherry, Robinson, Namida ga Kirari, dan masihhh banyak lainnya. Hachimitsu juga merupakan salah satu album yang laris manis saat itu lohhh~

Hal yang paling gw sukain dari band ini adalah suara dari vocalisnya. Unik aja, gw suka. Sekali denger pasti jatuh cinta deh. Gaya musik mereka juga khas. Lagu dari grup ini kebanyakan ditulis sendiri oleh vokalis grup ini. Kalau buat gw sih hampir semua lagu yang gw denger dari grup ini gw suka. Asli suara vokalisnya punya aura unik tersendiri. Untuk dischography, gw gak mau banyak nulis, soalnya males juga nulis sebanyaaaaaak itu. Lah dibentuk aja tahun 1987 lagunya juga banyak lah haha. Nah untuk kalian yang penasaran klik di sini yooo.

Nah jadi siapa sajakah wajah dibalik grup ini, saa ikou~

Pertama tentunya sang vokalis dongg. Masamune Kusano dengan penulisan nama panggung 草野 マサムネ nama aslinya sebenernya ditulis 草野 正宗. Sebenernyaa itu sama cara bacanya, cuma beda penulisan doang. Di grup ini selain memegang peran sebagai vokalis, ia juga bermain gitar dan tentunya sebagai 'songwriter' bagi grup ini. Masamune Kusano lahir di Fukuoka, Fujioka perfecture pada tanggal 21 Desember 1967. Ia sendiri merupakan lulusan Fukuoka Perfectural Jonan High School dan menyelesaikan pendidikannya di Musahino Art University pada bidang desain.


Selanjutnya sang gitaris, Tetsuya Miwa. Dengan penulisan nama panggung 三輪 テツヤ nama aslinya sendiri ditulis dengan huruf kanji yaitu 三輪 徹也. Dan tentunya dengan cara baca yang sama pula. Lahir tanggal 17 Mei 1967 di Fujieda, Shizuoka perfecture. Ia sendiri merupakan lulusan dari Fujieda Meisei High dan Bunka Fashion College.






Bassist! Basisst dari grup ini bernama Tamura Akihiro (田村 明浩). Sebagai bassist ia juga berperan sebagai leader dari grup ini (kayak laruku ya haha kangen tet-chan~). Tamura Akihiro lahir di perfecture yang sama dengan Tetsuya Miwa yaitu di Fujieda, Shizuoka perfecture. Ia sendiri lahir pada tanggal 31 May 1967. Tetsuya Miwa merupakan lulusan dari Shizuoka Perfectural Fujieda East High School. Ia juga melanjutkan sekolahnya ke Tokyo Zokei University, tapi sayangnya ia mengundurkan diri sebelum lulus.



Dan terakhir, dan tetap penting tentunya drummer! Tatsuo Sukiyama (崎山 龍男). Ia lahir pada tanggal 25 Oktober 1967 di Sano, Tochigi Perfecture. Ia merupakan lulusan dari Tochigi Perfectural Sano High dan kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi Bunka Fashion College.







Yosha sekian, ini mungkin gw share beberapa lagunya yaa. Stargazer yang gw suka sama Time Travel yang bikin gw kepincut sama grup ini haha. Eh kunjungi juga official websitenya baik yang youtube maupun webnya. Liat yang webnya juga keren lohhh layoutnya. Haha. Kalau mau ke web oficialnya cukup klik tulisan Spitz yang diatas yoo :)

Spitz - Stargazer
credits : spitzclips (oficial youtube accounts) 



Spitz - Time Travel Live (ost Boku to Star No 99 Nichi)
credits: comon225

1 talks:

anggie juliana said...

Keren postingan SPITZnya, Saya ambil link postingan ini, jadi sejarah spitznya dari link ini. Minta izin, terimakasih :D.