Gw, Sepatu, Tukang Sol

Setelah gw renungi ternyata tukang sol sepatu memegang peranan penting dalam hidup gw. Sebenernya ini sederhana aja, soalnya gw itu ceroboh. Entah kenapa gw sering banget ngalamin yang namanya sepatu jebol. Yah, mau gimana lagi kalau gw udah nyaman sama suatu sepatu bakalan gw pake terus, bodo amat mau hujan, badai, dan medan apapun. Namanya juga udah suka ya udah deh. 

Gw masih inget gw punya sepatu yang sangat gw sayang. Sepatu itu gw beli pas kelas 2 SMP. Bisa dibilang ini sepatu pertama yang dibeli berdasarkan pilihan gw, soalnya biasanya ibu gw yang milih sih. Waktu itu lagi heboh sepatu kets, di sana - sini semua sepatu kets. Bingung karena semua sepatu kayanya sama aja pilihan gw jatuh ke sepatu kulit hitam conver**. Lumayan kan tahan hujan soalnya dari kulit. Dan resmilah ini sepatu berada seiring dengan kaki gw. Selalu gw pake kemana pun. Sampai akhirnya alasnya jebol. Prihatin orang tua gw menawari untuk membeli sepatu baru, tapi gw enggan. Akhirnya gw pergi ke pasar bogor dan menemui tukang sol sepatu. Di sol lah sepatu gw untuk pertama kalinya pada saat kelas 3 SMP. 

Sepatu ini nemenin gw selama perjalanan gw SMP. Saat gw belajar apa itu organisasi. Saat gw ikut OSIS, DKM, dan bahkan softball. Untuk oertama kalinya gw belajar untuk merubah diri biar gak introvert introvert amat. Dan dengan sepatu ini lah pijakan pertama gw buat. Terasuk saat memutuskan SMA mana yang dipilih. Saat sesuatumenjadi serba ambigu, serba tak pasti maka pilihan dibuat kan? Meski tergesa tapi pilihan itu menghantarkan kita pada berjuta jalan. So, just enjoy it :)

Berhubung gw masih sayaaaaang banget sama ini sepatu, jadi gw masih tetep pake ke SMA. Menginjakkan ke SMA semula semuanya masih baik - baik saja. Hingga akhirnya gw masuk ke organisasi pecinta alam di sekolah gw. Sejak itu lah perjalanan berat bagi sepatu ini dimulai. Sebenernya untuk soal dipake treking yah gw udah gunain dari gw SMP. Waktu itu om sempet ngajak treking di bodogol sama di gunung salak. Tapi ini nambah lagi. Hampir tiap minggu ada kegiatan. Ya kemping di sukamantri lah, ikut lomba kebut gunung di Gede lah, susur gua, olahraga fisik, dan segambreng aktivitas outdoor lainnya dan tak lupa gw masih tetep pake ini sepatu ke sekolah. 7 hari dalam seminggu bisa dibilang ya gw gak lepas dari ini sepatu. 

Gw sayang sama ini sepatu. Sepatu ini yang nemenin 5 hari hidup gw di pendidikan dasar SR angkatan 22 di Sukamantri. Sepatu ini yang gw pake lari 30 menit gak pake berhenti di lapangan SMANTI. Sepatu ini yang gw pake jalan jongkok, merayap, treking. Ini sepatu juga yang nemenin gw direndem di sungai pagi buta, dan nemenin gw pipis pinggir jalan (#loh?). Haha. Ini sepatu yang gw pake buat nginjek kaki nya bang Ubay gara-gara gw gak bisa naik dan kepleset mulu pas treking. Ini sepatu yang bikin gw kepleset ke lembah terjal dan hampir sukses mendaratkan gw di semak-semak pohon salak, yang untungnya gw sempet ayunan di pohon jadi gak pake jatuh. Padahal gw udah pake nyerodot dan alasnya udah di sol masih aja jatuh. Khhhh.

Ini sepatu yang jadi sejarah gw dikalungin kacu kebanggaan bareng ke 9 saudara gw. Yang menggenapkan gw menjadi bagian keluarga abang, akang, dan teteh SR. Yang jadi saksi kepergian gw ke elex comic centre habis PD dengan kondisi gak mandi bareng Cahya. Hahaha. Yah dan habis itu gw resmi gak bisa jalan. Ini sepatu ternyata masih selamat, walaupun gw nyuci sepatu ini udah penuh lumpur dan dengan keadaan miris. Bahkan alas sepatu nya udah bisa dicopot dan gw jemur terpisah dari sepatunya. 

Ini sepatu juga yang menghantarkan gw menjajal puncak pertama gw : Pangrango. Sepatu yang jadi saksi betapa lelahnya perjalanan menuju puncak. Yang jadi saksi indahnya hamparan ladang bunga edelweis. Dan jadi saksi ada tai orang yang dibuang sembarangan di tengah jalan antara kandang badak dan puncak Pangrango. Well, ini sepatu juga yang jadi saksi kepulangan gw jam 11 di Cibodas hingga terpaksa tidur di pinggir jalan sampai jam 2 pagi. Yang nemenin gw pulang jam setengah 4 pagi. Sepatu ini ngerasain jalan berbatu di kandang batu, jembatan kayu (nyaris) reot di rawa apa entahlah, terjalnya jalan dari shelter air terjun, dan aliran air panas yang gw sebrangi. 

Dan sepatu ini ngerasain semuanya.

Sepatu ini jadi saksi bisu perjalanan gw pas lagi bandel - bandelnya. Pas gw lagi dengan semangat membara mengeksplore tiap jengkal hal baru. Dan akhirnya sepatu ini harus berakhri di tempat sampah pas gw mau masuk IPB. Yahh mungkin memang di situ nasib sepatu kesayangan gw ini. Mungkin aja sekarang di tempat lain dia sedang dengan pemiliknya yang baru. Haha. Asli itu sepatu penuh dengan sejarah.

Dan sejak hari itu udah ada sepatu lain yang nemenin gw, tapi ya ceritanya gak sepanjang si sepatu hitam ini memang. Dan yah sepatu gw jebol. Ohhh mennn, seems like have to learn how to fix it. Kelihatannya gw harus belajar bagaimana cara mensol sepatu. Kemaren gw liat lagi sepatu hitem yang CUMA gw pake buat ospek sejak masuk IPB alasnya udah celangap gara - gara dipake temu manajer. Biasa jadi anak alay main lumpur, treking, main sungai alias berkubang. Yahh oke dua sepatu ngantri minta di sol. Mana yang namanya tukang sol sepatu tuh susaaaaaaahnya minta ampun kalau dicari. Jadi yah pasar bogor ini mah. Tabah ya sepatuku, nanti kalo udah beres praktikum di sol deh. Semoga tukang solnya gak liburan. Bapak tukang sol semangat yaa. Semoga rejekinya dilancarkan terus~ :)

Eh iyaaa, aniwei. Selamat berjuang para jendral Salam Risgabo ! Mari kita sambut kedelapan adik baru kita dengan suka cita! Hehe. Maaf gak bisa nemenenin. Long Life SR ! :D

0 talks: