Tuntutan, Kosong, Basi deh

Siang-siang panas beuh mantep kali ya bikin postingan yang panas. Yahhh, gw lagi agak mikir aja nih. Manusia (baca: kita) sering kali menuntut pada apa yang ada. Apa aja bisa soal ekonomi dan kawan, kawannya pokoknya nuntut mulu. Dan kadang gw gak habis pikir soal itu. Kenapa kita nuntut mulu sih? memangnya ada yang salah dengan apa yang kita punya saat ini? atau kalau kita nuntut memangnya bakal nyelesein masalah? apa kalau kita nuntut kita mampu MEMPERTANGGUNGJAWABKANNYA? Gak kan. Maksud gw ya gak juga. Bisa jadi kita gak lebih baik daripada yang kita tuntut. Dewasa lah ya. Kalau gak dewasa kapan Indonesia bisa maju. Coba tanya para koruptor apa mereka gak pernah ikutan demo atau berkelakar kosong? 

Miris, ironis. Tadi gw pulang dari olahraga angkatan dan di angkot gw liat koran dengan judul gede-gede "menggendong sang ibu ke rumah sakit gara-gara macet terhalang demo". Mennnn, gila gara-gara demo bikin susah orang aja. Untung tuh ibu-ibu masih idup, coba kalau ga, mau tanggung jawab para pendemo itu?

Kita bilang ABC pernah gak sih mereview diri sendiri dulu? Pada taat aturan gak? Kalau gak diem aja deh lu. Kalau mau nuntut setidaknya lu pernah jalanin apa yang lu tuntut itu. Ayolahh, kapan kita bisa maju. Kita kan harus saling bertoleransi dan mendengarkan. Kalau semua ngomong siapa yang mau dengerin?

Anehnya kadang setelah tuntutan kita dipenuhi, justru kita malah enggan menjalankannya. Ah, capek. Nyusahin aja, kalau gitu gak usah nuntut deh. Kebanyakan nuntut, padahal semua juga punya urusan masing-masing. Konsisten dong, kalau udah nuntut dan tuntutan itu dipenuhi jalanin napa. Hargai dong orang yang udah mau dengerin tuntutan lu. Dia berubah juga bukannya gak pake usaha. Dewasa men, waktunya belajar lebih bertanggung jawab. Jangan ngomong kosong mulu. Ah basi lo!

Udah lah ya, daripada saling menuntut kita saling terbuka aja. Kalau perlu gelar forum. Saling dengarkan, saling peka. Hidup gak selamanya punya kita. Kita hidup bareng-bareng. Kepentingan kita berbeda. Gak semua bisa diturutin satu-satu. Gw percaya kalian ngerti. Gw juga belajar kok. Sama-sama belajar ajalah. Toleransi aja. Saling menguatkan aja. Saling menjatuhkan cuma buat bocah

Kalau kita beneran bangsa yang satu dalam keberagaman, kalau kita satu, buktikanlah. Justru perbedaan itu yang SEHARUSNYA bikin kuat. Ayo dong tolong hargain jangan cuma ngomong doang. Seharusnya kita bukan kebanyakan bertanya, "saya bagaimana" coba deh dirubah jadi "kawan kita gimana". Apatis boleh, tapi itu ada tempatnya. Kebanyakan apatis mah egois namanya. Ahhh capek mennn! udah dewasa masih aja gak ngerti, masih nuntut. Geraklah, kalau lu duduk doang kapan lu bisa nyampenya

0 talks: