Kupu - kupu dan kura - kura

Bukan, ini bukan kisah anak - anak. Bukan dongeng juga. Apalagi tentang zoologi, bukan juga. Tiba - tiba kepikiran aja soal kura - kura dan kupu - kupu. Hewan dan serangga yang selalu jadi favorit gambaran gw.

Kupu - kupu, entah kebetulan atau gak tapi bgn awal tandatangan gw mirip kupu kupu -- buat gw sih, walopun anak anak lebih banyak yg bilang lebih mirip pantat dibanding kupu kupu. Kupu kupu itu sering dianggap simbol perubahan. Ulet itu gak pernah takut untuk berubah jadi kupu - kupu. Padahal ulet gak pernah tau seperti apa langit tempat ia bakal terbang kelak, yah lain cerita sih kalo ternyata ulet ama kupu kupu suka gosip soal kehidupan. Kalau jadi kupu kupu ia harus ninggalin daun tempat dia makan dan ngeganti menunya jadi putik bunga. Pas masih jadi ulet mana tau ia dimana bunga itu ada yg kelak bakal jadi menu barunya itu. Tapi ulet ga takut dan tetep berubah jadi kupu - kupu. Keluar perlahan dengan sayap baru yg masih lemah tapi toh tetep semangat buat ngejelajahin dunia barunya. Biar dia mukai lagi semuanya dari awal dan harus adaptasi ulang tapi gak ada kan kupu kupu yg bilang dia pengen balik lagi jadi ulet atau bahkan si ulet enggan berubah jadi kupu kupu gara gara kerasnya hidup. Kayanya ga ada deh ini kan bukan ftv. Makanya kupu kupu akrab dengan aimbol perubahan dan yah setuju gw sama hal ini.

Satu lagi kura kura. Makhluk yang kata orang pemalas ini buat gw sebenernya justru makhluk pekerja keras juga. Kura kura terkenal dengan kelambatannya. Lambat sih tapi kura kura gak pernah berhenti sebelum sampe ketujuannya. Coba bayangin kalo pas nyari makan kura kura nyerah jalan dan leyeh leyeh karena kejauhan dan karena dia terlalu lambat? Yang ada kura kura jadi gak makan dong. Mau nunggu apa? Nunggu ketiban durian jatuh? Kan gak mungkin juga. Biar lambat dia tetep aja jalan biar orang lain bilang dia pemales karena jalannya yang keliatan santai itu dia tetep jalan. Padahal buat jalan aja dia udah keliatan berat dengan cangkang di belakang punggungnya itu. Belum kalau jatuh ngebalik butuh perjuangan buat kura kura supaya posisinya betul lagi. Coba deh balikin kura kura dengan tempurung di bawah pastinya kura kura bakal berusaha supaya bisa ngebalik lagi kan? Padahal jelas susah lah berat begitu cangkangnya. Biar lambat, keberatan di cangkang kura kura itu tetep berjalan kan buat dapetin yg dia inginin setidaknya untuk saat itu.

yah ini pendapat gw sih. jadi berubah dan berusaha itu bukan hal yang sia sia. toh kita, manusia, bukan makhluk sempurna jadi berubah ke arah yang lebih baik dan berusaha menggapai mimpi gw rasa manusiawi :)

0 talks: