Hari Itu, Hari Itu ..


Ini judul aneh ya, memang aneh. Karena walaupun tulisan ini gw buat 7 April 2015, entah kapan tulisan ini akan gw posting. Akhirnya gw mendapatkan gelar SHut gw. Kata orang bahagia itu sederhana bahkan cendrung singkat. Misalnya hari ini, gw bahkan gak bisa percaya gw SHut. Gw bahkan gak percaya gw lulus dengan di sidang oleh bapak - bapak yang kalau menurut gw kharismatik. Pengetahuan gw cuma butiran debu di ruangan itu. Gw gak bisa jawab apapun. Tapi entah kenapa beliau-beliau itu gak bisa berhenti ketawa. Kenapa? Pasti karena jawaban gw ngaco.

Waktu dapet dosen pembimbing gw kaget, memang bidang hidrologi hutan merupakan bidang yang gw impi-impikan maklum dulu nya gw kan pengen masuk meteorologi kalau gak teknik geologi dan menurut gw bidang ini lah yang paling memfasilitasi gw untuk tetap mengejar keingintahuan gw. Gw kaget karena dari gosip yang beredar bapak dosen susah ditebak, kadang susah ditemui. Dan anak-anak yang beruntung mendapat beliau adalah gw, wulan, dan alfred. Ya saya takut di situ. Berkali-kali saya mendiskusikan ini dengan orang tua, meyakinkan bahwa selama apapun gw pasti bakalan lulus. Yah walaupun ternyata diskusi itu sia-sia karena mereka tetep kesel ngeliat gw yang gak lulus-lulus. Dulu sih sekarang udah gak, berkat usaha gw meyakinkan ini adalah takdir hahaha.


Waktu dapet dosen penguji gw kembali kaget. Gw diuji Profesor dari departemen Hasil Hutan. Maka saya pun bingung. Pelajaran dari departemen hasil hutan adalah kelemahan gw. Hampir semua pelajaran yang dulu masuk langsung terlewatkan bagai angin lewat. Mungkin karena terlalu bersifat praktek dan dijelaskan tanpa praktek makanya gw bingung. Walaupun ke sini sudah sedikit bisa lebih memahami sih karena sudah pernah liat di lapang seperti apa. Bapak dosen katanya gak suka di sms makanya gw nunggu samapai ngerecokin anak bimbingnya buat tau bapak di ruangan apa gak. Dan lu emang berjasa bangen Fauzan hahaha.

Waktu dapet ketua sidang yang diganti H-1 gw kembali kaget. Gw dapet dosen kharismatik yang gak pernah jadi ketua sidang. Anak bimbingannya ada yang pernah di suruh ngulang sidang. Soal ilmu jangan ditanya. Beliau adalah dosen kebijakan, pengetahuan luas dan yang jelas punya kharisma dan kadang gw takut sama beliau. Gw gak benci kebijakan tapi logika gw mentok jadi jelas gw gugup waktu tau beliau jadi ketu sidang gw. Dan semua bertanya "hah ketua sidang lu kok bisa bapak sih?". Itulah pertanyaan yang tak terjawab hingga sekarang.

Masuk ruang sidang, dosen pembimbing terlambat. AC rusak. Saya bimbang karena ruangan terlalu hening. Gak ada percakapan antara dosen penguji dan dosen ketua sidang. Berusaha menenangkan diri dengan ngescroll hp atas bawah sambil berdoa. Bahkan gw gak tau harus ngomong apa.

Sidang dimulai dannn, oke terima kasih itu gak semenegangkan yang gw duga. Cuma untuk pertama kalinya gw dilempar ke dasar, ya ke dasar. Semua pertanyaan logika. Gw kagak ngerti. Di situ gw bener-bener ngerasa ilmu gw gak ada apa-apanya. Entah kenapa dosen penguji gw selalu ketawa, kayaknya puas banget. Memasuki waktu akhir bahkan dosen ketua sidang ikut ngetawain gw. Apa salah gw~ Di situ gw ngerasa jadi bego banget sebego begonya. Bahkan dosen penguji gw jadi baikkkk banget. Nuntun gw pelan-pelan sambil senyum-senyum. Sumpah dah. Menuju akhir dosen ketua sidang berdiri sambil bilang "saya akan bikin kamu tambah bingung". Lalu beliau mengambil spidol menggambar grafik untuk fast growing species. Mampus gw gak ngerti apa hubungannya fast growing species sama kurva cai dan mai. CAI sama MAI aja gw gak ngarti itu apaan. Gw aja kaget nilai manajemen hutan gw A padahal CAI ama MAI aja gw buta. Gw yakin ini semua karena model stella doang yang ngebantu gw. Tanpa tau apa sebenarnya fast growing species gw pun diminta keluar. 

Mau nangis jelas lah, lah wong gw gak berkutik di ruangan itu. Bapaknya semua cuma ketawa terus dari yang senyum sampai yang ngakak. Gw cuma bisa ketawa miris. Waktu disuruh masuk gw mau nangis lagi tapi gw tahan karena para lelaki anak kelas yang comel itu akan menghina dina gw. Seperti biasa prinsip mereka ketika teman sedih dihibur, tapi kalau udah berlalu silahkan ledek sepuasnya. Pas masuk bapak dosen ketua sidang gw cuma bilang gimana perasaannya, dan gw hanya bisa menjawab "ngerti tapi saya gak ngerti pak, saya bingung". Akhir kata dan penutup dari ketiganya adalah jangan pernah berhenti belajar. Gw udah mau nangis loh pas bapak ketua sidang ngomong gitu. Apalagi pas bapak dosen pembimbing ngebacain wejangan juga "saat sulit say kembali diajarkan akan sabar. Saat tertekan saya belajar untuk tersenyum" Panjang sih tapi intinya bapak bilang "Jadi dalam hidup yang namanya proses belajar itu tidak akan pernah berhenti". Kalau gw gak bisa ngontrol gw yakin gw sedih. Bapak penguji gw cuma senyum, untung aja jadi gw gak banjir. Tapi bapaknya baik banget sumpah baik banget banget ini mah. Senyum bapak di akhir itu yang paling gw inget, adem soalnya. 

Dan disidang oleh ketiga dosen ini ngebuat gw sadar akan sesuatu yang gw lupa. Rasa ingin tahu. Semakin dewasa perasaan ini cendrung hilang. Yang penting tahu itu udah cukup. Dan disidang tiga dosen ini memang pengalaman berharga. 

Terima kasih pak

Bogor, 7 April 2015
untuk dosen penguji Pak Wayan, dosen ketua sidang Pak Sudarsono, dan tentunya dosen pembimbing Pak Nana, 


0 talks: