An Awesome Performance: Sukima Switch at Indonesia Japan Music Festival 2018

Penampilan Sukima Switch, Pada Indonesia Japan Music Festival 2018 (dokumentasi: MNH)
Jakarta -- Siapa yang tak kenal duo asal Jepang satu ini, Sukima Switch (スキマスイッチ)merupakan salah satu duo yang cukup senior dan terkenal di Jepang. Digawangi oleh Takuya Ohashi Sebagai Vocal, dan Shintaro Sebagai keyboardis, duo ini merupakan musisi kondang di negara Sakura. Meski demikian memang patut diakui kancahnya di dunia internasional tidak se agresif boyband/girlband asal Korea ataupun salah satu band kenamaan Jepang One Ok Rock. Akan tetapi, tanpa promosi yang seagresif rekan-rekannya Sukima Switch mampu membuktikan popularitasnya di Indonesia dalam perayaan Indonesia Japan Music Festival 2018 yang diadakan di Plaza Tengara Senayan. Tampil selama 45 menit, duo ini sukses menyihir para penonton yang ramai memadati area festival tersebut.

Sukima Switch merupakan salah satu musisi yang turut hadir dalam peringatan hubungan diplomatik Indonesia - Jepang yang ke-60. Dengan mengusung tema Indonesia-Japan Always Together, peryaaan hubungan diplomatik Indonesaia-Jepang ini diisi dengan serangkaian acara seperti Jakarta - Japan Matsuri 2018 yang juga diadakan di Plaza Tenggara Senayan, dan Indonesia Japan Music Festival 2018 yang dimeriahkan oleh artis yang berasal dari keduabelah negara.

Dalam acara ini Sukima Switch diberikan kehormatan untuk mengisi acara Indonesia Japan Music Festival 2018, sekaligus sebagai performer pembuka dari festival musik ini. Konser Sukima Switch ini sekaligus merupakan penampilan Sukima Switch pertama di luar Jepang. "Ini merupakan penampilan kami yang pertama di Indonesia" kata Ohashi Takuya dalam video perkenalan yang diunggah oleh akun instagram @60thjpid. "Ini juga penampilan pertama kita di Asia," ujar Shintaro Tokita menambahkan pernyataan tersebut.

Line menjadi lagu pembuka dari Sukima Switch pada kesempatan kali ini. Lagu yang cukup upbeat ini merupakan single ke-23 Sukima Switch yang rilis pada 2015 lalu. Lagu ini juga merupakan lagu pembuka dari amime Naruto Shippuden yang ke-18. Usai menghibur dengan lagu yang bersemangat, Sukima Switch tampil dengan menyanyikan salah satu lagu yang paling hits milik mereka, Kanade (奏で). Kanade merupakan singke kedua Sukima Switch yang dirilis pada tahun 2004. Single ini sudah berkali-kali dicover oleh berbagai artis dalam negeri dan mancanegara, termasuk Kyuhyun dari Super Junior. Meski lagu ini bukan lagu baru, lagu ini masih merupakan lagu yang enak untuk didengar. Lagu ini bahkan di remake untuk OST One Week Friends yang rilis pada 2017 lalu.

Masih sedikit mellow, lagu ketiga yang dinyanyikan oleh Sukima Switch adalah Boku Note. Boku Note adalah single keenam yang rilis pada 2006. Single ini juga merupak OST Doraemon The Movie 2006 dan merupakan salah satu single kenamaan Sukima Switch. Usai dengan lagu sendu. Sukima Switch mengajak penonton untuk lebur bersama riuh perayaan. Kali ini mereka membawakan lagu Golden Time Lover. Soundtrack anime Full Metal Alchemist ini sukses membuat penonton ikut bernyanyi dan bertepuk tangan bersama. Lagunya yang familiar di telinga para penggemar Jepang ini memang pas untuk membuka rangkaian acara Indonesia Japan Music Festival.

Seolah tak ingin membiarkan semangat penonton turun, Sukima Switch memilih untuk membawakan single mereka yang berjudul Ah Yeah!. Lagu yang merupakan lagu soundtrack untuk anime Haikyuu ini merupakan single mereka yang rilis pada tahun 2014 lalu. Di kesempatan ini Sukima Switch akhirnya memilih untuk menyanyikan lagu Zenryouku Shounen untuk mengakhiri penampilan mereka. Lagu yang rilis pada tahun 2015 ini merupakan salah satu single hits dengan nada yang ceria. Meski hari telah bernajak malam lagu ini merupakan lagu penutup yang membakar semangat sekaligus pembuka rangkaian acara musik festival.

Meski ini merupakan penampilan pertama Sukima Switch di Indonesia, namun penampilan mereka ini ternyata merupakan salah satu penampilan yang ditunggu. Buktinya banyak fans Indonesia yang meramaikan lini media sosial terkait dengan penampilan Sukima Switch di Indonesia. Wajar saja banyak yang kaget jika pada akhirnya Sukima Switch tampil di luar Jepang. Apalagi pada penampilan terakhir Sukima Switch yang sangat mempesona bersama deretan artis lainnya dalam menyanyikan lagu Laskar Pelangi. "Saya sangat senang, karena ternyata banyak fans Indonesia yang tau lagu-lagu kami dan bernyanyi bersama," ujar Takuya Ohashi saat ditanya mengenai kesannya terhadap acara ini.

Dalam wawancara bersama kompas.com Sukima Switch mengaku terbuka untuk berkolaborasi dengan artis Indonesia jika diberikan kesempatan. Mereka mengatakan lagu Indonesia merupakan lagu yang enak didengar sehingga cocok untuk dinyanyikan tidak hanya di Indonesia tetapi juga negara lain.

Takuya Ohashi dan Shintaro Tokita di Indonesia Japan Music Festival 2018 (dokumentasi: MNH)

(English version will be released soon if I have time hehe. For the detail documentation, video still edited)

0 talks: